Jumat, 16 Juni 2023

Niat Umrah dan Haji Tamattu' Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

 


Ketika hendak mengerjakan amal ibadah, sepatutnya bagi umat muslim untuk mendahuluinya dengan niat dalam hati. Seperti halnya saat akan menunaikan haji dan umrah, niat menjadi hal penting dalam rangkaian ibadah yang tak boleh terlewatkan.

Niat karena Allah SWT dikatakan sebagai salah satu penyempurna suatu ibadah. Sebagaimana Nabi SAW menyebutkan dalam hadits riwayat Umar bin Khattab bahwa amalan yang dikerjakan tergantung dengan niatnya.

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Sesungguhnya segala amal perbuatan itu bergantung pada niatnya.da sesungguhnya seseorang itu mendapatkan apa yang diniatkan" (HR Bukhari & Muslim)
Berniat dalam menunaikan ibadah mesti didasarkan untuk mengharap ridha Allah semata, bukan yang lainnya. Sehingga bila seseorang berniat haji atau umrah untuk dirinya sendiri perlu karena-Nya. Bahkan jika ia hendak melakukan rangkaian ibadah haji dan umrah dan-umrah untuk orang lain, ia juga harus menyertakan dalam niatnya untuk melaksanakannya untuk 'orang lain' itu dan tentunya harus karena Allah.

Apa yang dimaksud dengan Pengertian Haji Tamattu? Haji Tamattu ialah mendahulukan mengerjakan umroh dari ibadah haji. Yaitu memakai ihram dari miqat dengan niat umroh pada musim haji, setelah tahallul, memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarwiah. Bagi yang melaksanakan haji Tamattu diwajibkan membayar Dam. dan inilah doa umrah dan haji tamattu'

 

لَبَّيْكَ اللهم عُمْرَةً.

نَوَيْتُ الْعُمْرَةَ وَاَحْرَمْتُ بِهَا لِلهِ تَعَالٰى

LABBAIKALLOOHUMMA 'UMROTAN. NAWAITUL 'UMROTA WA ACHROMTU BIHAA LILLAAHI TA'AALAA

Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk berumrah. Aku niat umrah dengan berihram karena Allah Ta'ala

 

لَبَّيْكَ اللهم حَجًّا

 نَوَيْتُ الْحَجَّ وَاَحْرَمْتُ بِهَا لِلهِ تَعَالٰى

LABBAIKALLOOHUMMA CHAJJAN.  NAWAITUL 'UMROTA WA ACHROMTU BIHAA LILLAAHI TA'AALAA

Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk berhaji. Aku niat haji dengan berihram karena Allah Ta'ala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar