Sabtu, 06 Februari 2021

Gunung Berapi Banyak Mudharatnya ?

 


Akhir-akhir ini di Indonesia banyak mengalami bencana, mulai pesawat jatuh, banjir, longsong, gempa, sampai gunung meletus. semua ini pasti Allah punya tujuan yang kadang kala kita belum bahkan tidak mau tau hikmahnya.

Indonesia punya sekitar 127 gunung berapi yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Hampir setengah di antaranya berstatus aktif. Saat ini ada beberapa gunung meletus di berbagai daerah, baik itu mengeluarkan lahar panas maupun mengeluarkan lahar dingin, yang semua ini menjadikan manusia terdampak karenanya, seperti mengungsi, banyak harta benda yang musnah dan lain sebagainya, seakan-akan keberadaan gunung merapi ini tidak ada gunanya bahkan hanya membuat bencana saja.

Padahal Allah menjadikan sesuatu itu pasti ada manfaafnya, hanya kita saja yang belum faham. Dalam Al-Qur'an disebutkan :

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ قِيَامًا وَقُعُوْدًا وَعَلَىَ جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Q.S. 3 Ali 'Imran 191)

Lalu gunung-gunung yang diciptakan Allah itu punya beberapa manfaat, di antaranya disebutkan dalam Al-Qur'an :

وَأَلْقَى فِي اْلأَرْضِ رَوَاسِيَ أَن تَمِيْدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلاً لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, (Q.S. 16 An-Nahl 15)

وَجَعَلْنَا فِي الْاَرْضِ رَوَاسِيَ أَن تَمِيْدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيْهَا فِجَاجًا سُبُلاً لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُوْنَ

Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk. (Q.S. 21 Al Anbiyaa' 31)

وَالْجِبَالَ أَرْسَاهَا

Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh, (Q.S. 79 An Naazi'aat 32)

Syaikh Ibnu Katsir menjelaskan dalkam kitab tafsirnya

عن قتادة، سمعت الحسن يقول: لما خُلقت الأرض كانت تميد، فقالوا ما هذه بمقرّة على ظهرها أحدًا فأصبحوا وقد خُلقت الجبال، لم (5) تدر الملائكة مِمّ خلقت الجبال

Dari Qatadah, ia pernah mendengar Al-Hasan mengatakan bahwa setelah Allah menciptakan bumi, bumi itu terus berguncang, maka mereka (para malaikat) berkata : Bumi ini tidak layak menjadi tempat bagi seorang manusiapun. Kemudian pada keesokan harinya gunung-gunung itu diciptakan. (Kitab Tafsir Ibnu Katsir, Juz IV, halaman 563(.

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا ( ) وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا

Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak? (Q.S. 78 An Naba' 6-7)

Syaikh Ibnu Katsir menjelaskan dalkam kitab tafsirnya :

أي: ممهدة للخلائق ذَلُولا لهم، قارّةً ساكنة ثابتة ، جعلها لها أوتادًا أرساها بها وثبتها وقرّرها حتى سكنت ولم تضطرب بمن عليها.

Maksudnya, telah dihamparkan-Nya dan dijadikan-Nya layak dihuni makhluk-Nya, lagi tetap dan kokok. Dia menjadikan pada bumi pasak-pasak untuk menstabilkan dan mengokohkan serta memantapkannya sehingga bumi menjadi tenang dan tidak mengguncangkan orang-orang dan makhluk yang ada di atasnya. (Kitab Tafsir Ibnu Katsir, Juz VIII, halaman 302(.

Para ahli geologi telah lama meneliti fungsi gunung sebagai pondasi penguat permukaan bumi.  Di antaranya adalah Profesor Emeritus Frank Press dari Washington, Amerika Serikat. Beliau adalah salah seorang Geolog yang mengkaji tentang gunung sebagai sebagai pasak bumi.

Mengapa gunung diistilahkan sebagai pasak? Menurut Prof Press, sebenarnya, kerak bumi itu mengapung di atas cairan. Lapisan terluar bumi membentang 5 km dari permukaan. Kedalaman lapisan gunung itu menghujam sejauh 35 km. Dengan demikian, pegunungan adalah semacam pasak yang didorong ke dalam bumi. Jadi gunung inilah yang berfungsi sebagai pasak untuk menstabilkan kerak bumi.

Ilmu bumi moderen telah membuktikan bahwa gunung-gunung memiliki akar di dalam tanah dan akar ini dapat mencapai kedalaman yang berlipat dari ketinggian mereka di atas permukaan tanah. Jadi, kata yang paling tepat untuk menggambarkan gunung-gunung berdasarkan informasi ini adalah kata pasak, karena bagian terbesar dari sebuah pasak tersembunyi di dalam tanah.

Di sisi lain, letusan gunung berapi juga ternyata punya dampak positif bagi kelestarian bumi. Di antaranya adalah menyuburkan tanah. Tanah yang subur itu dihasilkan dari pencampuran  material vulkanik dengan tanah. Tanah yang tercampur materi vulkanik menyimpan banyak nutrisi yang diperlukan tumbuhan, dan bermanfaat untuk bidang pertanian. Juga akan menghasilkan bahan mentah seperti sulfur, emas, dan tembaga ini semua berkat adanya aktivitas vulkanik gunung berapi. Beberapa material yang biasa kita gunakan untuk bahan bangunan juga berasal dari gunung berapi, seperti pasir dan batu. Tentunya masih banyak lagi dampak positifnya.

Berikut video yang berkaitan dengan judul :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar