Thursday, August 13, 2015

Daftar isi dan muqoddimah buku tabarruk (ngalap berkah)



DAFTAR  ISI
1.   Daftar isi   …………………………………………… .………..     1
2.   Motto   ………………………...…………………………………    1
3.   Muqoddimah   ……………………...…………………………...    2
4.   Pendahuluan   …………….…………………………..……….     4
5.   Barakah   …………….…………………………………………    10
6.   Tabarruk   …………………….……….……………………….     17
7.   Dalil-dalil tabarruk    …………………………………………...    22
8.   Fatwa para ulama tentang menyentuh, mencium mimbar dan                                    kuburan Nabi serta kekasih Allah lainnya..............................................    51
9.   Bantahan kaum pengingkar dan jawabannya........................    55
10. Amalan, hizib dan azimat   …….…………………….....……    65
11. Mencium tangan   ………….…………………………...….…    72
12.  Berdiri untuk menghormati seseorang…….……….…...…    76
13. Sumber bacaan   …………………………………..……..…    80
14 .Tulisan yang telah diterbitkan oleh masjid An-Nur
      Taman Suko Asri  ……………………………………………    80

Motto :
Allah swt. berfirman dalam Al-Qur’an
إِنَّ هٰذِهِ تَذْكِرَةٌ فَمَنْ شآءَ اتَّخَذَ إِلٰى رَبِّهِ سَبِيْلاً  (المزمل : 43)  
Sesungguhnya ini adalah suatu peringatan. Maka barang siapa yang menghendaki niscaya ia menempuh jalan (yang menyampaikannya) kepada Tuhannya. (Q.S. 73 Al Muzzammil 19)


MUQODDIMAH


بسـم الله الـرحـمن الـرحـيم

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىٰ أَشْـرَفِ اْلاَ نْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنِ اتَّبَعَهُ الِىٰ يَوْمِ الدِّيْنَ

      Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada penghulu dan pemimpin para Nabi dan Rasul yaitu sayyidina Muhammad saw, dan untuk sahabat-sahabat, keluarga dan pengikut-pengikut beliau dari dulu sampai sekarang dan sampai pada masa-masa yang akan datang.

pada akhir-akhir ini sebagian golongan umat Islam yang mengklaim dirinya telah menjalankan syari’at (agama) paling benar, paling murni, pengikut para Salaf Sholeh dan menuduh serta melontarkan kritik tajam sebagai perbuatan sesat dan syirik kepada sesama muslim, bahkan sampai berani mengkafirkannya, hanya karena perbedaan pendapat, termasuk dalam bertabarruk (ngalap berkah), atau lainnya.

            Oleh karena itu risalah yang kecil ini kami buat, tidak lain tujuannya adalah untuk membuka pikiran kita kaum muslimin agar tidak saling cela mencela antara satu golongan madzhab dengan golongan madzhab lainnya. Pembahasan mengenai semua ini sama sekali tidak bermaksud hendak membuka perdebatan atau polemik, tidak lain bermaksud menyampaikan dalil-dalil yang dijadikan hujjah oleh kaum muslimin yang menjalani amalan-amalan seperti di atas.

            Dalam risalah yang kecil ini, kami tidak  mengetengahkan semua dalil dan argumen yang berkenaan dengan kegiatan tersebut di atas, tapi hanya beberapa dalil saja. Meskipun hanya beberapa dalil penyusun rasa sudah cukup untuk memberi penjelasan dan tidak membuat risalah ini semakin tebal dan semakin mengurangi minat baca kita.
           
            Dan dalam kesempatan ini pula, kami sampaikan banyak terima kasih kepada para ulama yang buku-bukunya kami jadikan sumber bacaan, semoga mereka termasuk yang disebut dalam sebuah hadits “… au ‘ilmun yuntafa’u bihi”  yaitu para ulama yang ilmunya dimanfaatkan oleh orang lain yang pahalanya senantiasa mengalir.

            Tentunya tulisan ini masih banyak kekurangan di sana-sini, kritik dan saran yang sifatnya memperbaiki yang kami tunggu. Dan mudah-mudahan Allah swt, melimpahkan rahmat, hidayah serta istiqamah kepada kita dalam menyebarluaskan ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat, dan penyusun berharap buku kecil ini dapat bermanfa’at bagi kita semua, amin ya rabbal alamin.




                                                       Sidoarjo,   Syawwal 1432 H
                                                                        September 2011 M


                                     TIM KREATIF
                                      MASJID AN NUR SUKO ASRI
                                     SUKO – SUKODONO – SIDOARJO

No comments:

Post a Comment