Wednesday, June 3, 2020

Kiat Shalat Khusyuk Bagi Orang Awam



Supaya kita bisa lebih mudah untuk mencapai kekhusyukan dalam shalat maka perlu persiapan-persiapan, diantaranya adalah :

1. Persiapan Batin

Hindari banyak berbuat maksiat, hindari makanan yang subhat apalagi haram, pakailah pakaian yang paling halal menurut kita, dan tidak lupa selalu memohon kepada Allah supaya diberi kemampuan untuk melaksanakan shalat dengan khusyuk.

2. Persiapan dhahir

membersihkan kotoran dan najis yang terdapat di badan, pakaian dan tempat shalat, sebab bila kita di tengah-tengah shalat, lalu kita lihat kotoran di tempat shalat, badan atau pakaian kita, maka konsentrasi kita akan terganggu, apalagi kalau pakaian kita sudah kumal (kotor) yang menyebahkan gatal-gatal.

Jadikan suasana tempat shalat menjadi suasa yang nyaman, seperti tidak panas atau pengap, mungkin bisa kita pasang kipas angin atau kalau perlu kita pasang AC sehingga sirkulasi udaranya baik.

3. Pelaksanaan shalat

menjelang pelaksanaan shalat, sebelum takbiratul ikram bacalah Surat An-Naas guna berlindung dari was-was yang ditiupkan oleh setan yang terkutuk.

Baca bacaan dalam shalat dengan pelan-pelan sehingga artikulasinya jelas. serta kita menyadari apa yang sedang kita baca saat itu meskipun belum faham (arti) maksud bacaan itu. Maksudnya pas kita baca sesuatu kita ucapkan dengan lisan dan kita hayati dengan fikiran kita meskipun belum sampai penghayatan dengan hati.

Sebab tidak sedikit orang itu setelah salam dia tidak ingat apakah sudah baca fatihah, atau surat apa yang tadi di baca, karena lisan dan fikirannya tidak menyatu, apalagi hatinya.

Setiap fikiran kita keluar dari bacaan yang kita baca, maka secepat itu pula kita masukkan kembali fikiran kita ke bacaan itu.

Terakhir, bila kita sudah istiqamah dengan apa yang kita lakukan di atas, maka perlu kita satukan lisan, fikiran dan hati kita, sehingga kita dapat menghadirkan hati kita dalam shalat



No comments:

Post a Comment