Sunday, May 17, 2020

Cara Praktis Meruqyah Diri Sendiri Dari Gangguan Jin




Kita harus punya i'tiqad atau kepercayaan bahwa yang dapat menyembuhkan segala penyakit atau gangguan dari apa saja hanya Allah, dan kita juga harus yakin bahwa Al-Qur’an memiliki keutamaan sebagai obat yang mampu menjadi sarana pengobatan.

Kita bisa memaksimalkan berbagai manfaat yang terkandung dalam Al-Qur’an di antaranya sebagai obat segala macam jenis penyakit. Ini bisa dilakukan dengan do’a yang diambil dari ayat Al-Qur’an melalui metode ruqyah.

Cara praktis meruqyah diri sendiri dari gangguan jin adalah dengan membaca :

1. Surat Al-Fatihah
2. Surat Al-Ikhlas
3. Surat Al-Falaq
4. Surat An-Nas
5. Ayat kursi
6. Tiga ayat terakhir surat Al-Baqarah

Dibaca menjelang maghrib dan dilakukan setiap hari, sebab waktu itu banyak makhluk halus yang keluar, dalam hadits disebutkan :

عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  لَا تُرْسِلُوْا فَوَاشِيَكُمْ وَصِبْيَانَكُمْ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ حَتّٰى تَذْهَبَ فَحْمَةُ الْعِشَاءِ فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ تَنْبَعِثُ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ حَتّٰى تَذْهَبَ فَحْمَةُ الْعِشَاءِ
Dari Jabir ia berkata; Rasulullah saw bersabda: Jangan biarkan ternak dan anak-anakmu lepas berkeliaran ketika matahari terbenam sampai hilangnya cahaya senja. Karena setan keluar ketika matahari terbenam sampai hilang cahaya senja. (H.R. Muslim no. 5372)

Lalu diulang menjelang tidur dan dilakukan setiap hari, juga ditambah dengan doa-doa lainnya seperti doa akan tidur lan lain sebagainya, dalam hadits disebutkan :

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ نَفَثَ فِي يَدَيْهِ وَقَرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ وَمَسَحَ بِهِمَا جَسَدَهُ
Dari Aisyah rah bahwa apabila Rasulullah saw kalau mau tidur, beliau meniupkan ke kedua tangannya sambil membaca mu'awidzatain (surat An-Naas dan Al-Falaq), lalu beliau mengusapkan ke badannya. (H. R. Bukhari no. 6319)

No comments:

Post a Comment