Senin, 18 Desember 2017

Kedudukan Kitab Taurat, Injil dan Zabur yang Ada Saat Ini



Sesungguhnya Allah telah menurunkan beberapa kitab selain dari Al-Qur'an, di antaranya adalah kitab Taurat, Injil dan Zabur. Akan tetapi kitab Taurat, Injil dan Zabur yang berada di tangan orang-orang Kristen, Katolik dan Yahudi sekarang ini bukanlah kitab Samawiyah (kitab yang diturunkan oleh Allah) yang wajib diimani, karena mereka telah mengubah beberapa kalimatnya.

Syaikh Rahmatullah bin Khalilurrahman Al-Kiranawi Al-Hindi dalam kitabnya mengatakan :

وَقَالَ اْلإِمَامُ اْلقُرْطُبِيُّ فِي كِتَابِهِ الْمُسَمَّى بِكِتَابِ اْلإِعْلَامِ بِمَا فِي دِيْنِ النَّصَارَى مِنَ اْلفَسَادِ وَالْأَوْهَامِ فِي اْلبَابِ الثَّالِثِ هَكَذَا: إِنَّ الْكِتَابَ الَّذِيْ بِيَدِ النَّصَارَى الَّذِيْ يُسَمُّوْنَهُ بِالْإِنْجِيْلِ لَيْسَ هُوَ الْإِنْجِيْلُ الَّذِيْ قَالَ اللهُ فِيْهِ عَلَى لِسَانِ رَسُوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنزَلَ التَّوْرَاةَ وَاْلإِنْجِيْلَ مِنْ قَبْلُ هُدًى لِّلنَّاسِ. وَكَذَلِكَ التَّوْرَةُ الَّذِيْ بِيَدِ اْليَهُوْدِ لَيْسَ هُوَ التَّوْرَاةَ الَّذِيْ فِي اْلآيَةِ كَمَا قَالَ صَاحِبُ هِدَايَةِ الْحِيَارِيِّ فِي أَجْوِبَةِ الْيَهُوْدِ وَالنَّصَارَى

Imam Al-Qurthubi menyatakan dalam kitabnya Al-I'lam bima fi Din An-Nashara min Al-Fasad wa Al-Auham dalam bab ketiga seperti ini : Sesungguhnya kitab yang berada di tangan orang Nasrani yang mereka namakan Injil, bukanlah Injil sebagaimana Injil yang difirmankan oleh Allah melalui lisan rasul-Nya saw : Dan (Dia) menurunkan Taurat dan Injil. Sebelum (Al Qur'an), menjadi petunjuk bagi manusia. (Q.S. 3 Ali 'Imran 3-4). Demikian halnya dengan Taurat yang berada di tangan orang Yahudi bukanlah Taurat sebagaimana Taurat yang dimaksud dalam ayat tersebut. Pendapat ini sama dengan yang dianut oleh pengarang Hidayah Al-Hiyar fi Ajwibah Al-Yahud wa An-Nashara. (Kitab Izharul Haq, Juz II, halaman 396-399)

1 komentar: