Friday, March 10, 2017

Mengusap wajah setelah salam dalam shalat



Salah satu kebiasaan yang sering kita lihat setiap selesai berdoa, umat Islam mengusap wajah dengan telapak tangannya. Banyak hadits yang menerangkan hal tersebut, diantaranya adalah :

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَكَانَ إِذَا دَعَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدَيْهِ.
Dari sa'ib bin Yazid dari ayahnya, bahwa sesungguhnya  Rasulullah saw apabila berdoa, beliau selalu mengangkat kedua tangannya lalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya (H. R. Abu Daud no. 1494)

عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ  رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ فِى الدُّعَاءِ لَمْ يَحُطَّهُمَا حَتّٰى يَمْسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ.
Dari Umar bin khattab ra beliau berkata, adalah Rasulullah saw mengangkat kedua tangannya ketika berdoa, beliau tidak menurunkan keduanya sebelum mengusap wajahnya dengan kedua tangannya. (H. R. Tirmidzi no. 3714)

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   إِذَا دَعَوْتَ اللهَ فَادْعُ بِبُطُوْنِ كَفَّيْكَ وَلاَ تَدْعُ بِظُهُوْرِهِمَا فَإِذَا فَرَغْتَ فَامْسَحْ بِهِمَا وَجْهَكَ .
Dari Ibnu Abbas,beliau berkata bahwa Rasulullah saw bersabda : Jika engkau berdoa kepada Allah,maka berdoalah dengan telapak kedua tangan. Jangan berdoa dengan punggung kedua tanganmu. Jika kamu telah selesai berdoa,maka usaplah mukamu dengan kedua tanganmu itu. (H. R. Ibnu Majah no. 3999)

Begitu pula orang yang telah selesai melaksanakan shalat, ia juga disunnahkan mengusap wajah dengan telapak tangannya, sebab shalat secara bahasa berarti berdoa. Di dalam shalat terkandung doa-doa kepada Allah swt. Sehingga orang yang mengerjakan shalat berarti juga sedang berdoa. Maka wajarlah jika setelah shalat ia juga disunnahkan untuk mengusap wajah.

Imam Nawawi dalam kitabnya menjelaskan :

وَرَوَيْنَا فِي كِتَابِ ابْنِ السُّنِّي عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  إِذَا قَضٰى  صَلَاتَهُ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدِهِ اْليُمْنٰى. ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ اَللهم اذْهِبْ عَنِّيْ الْهَمَّ وَالْحَزَنَ.        

Kami meriwayatkan (Hadits) dalam kitabnya Ibnu Al-Sunni, dari Anas ra bahwa Rasulullah saw apabila selesai melaksanakan shalatnya, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya. Lalu berdoa : Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah dariku kebingungan dan kesusahan. (Kitab Al-Adzkar, halaman 69)

No comments:

Post a Comment