Tuesday, March 21, 2017

Doa ketika terkena musibah



Apabila kita terkena musibah, baik kehilangan barang atau kehilangan jiwa (nyawa), maka disunnahkan membaca doa yang diajarkan oleh Nabi saw sebagai berikut :

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ اَللهم أْجُرْنِيْ فِي مُصِيْبَتِيْ وَأَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا

INNAA LILLAAHI WAINNAA ILAIHI ROOJI'UUN ALLOHUMMA'JURNII FII MUSHIIBATII WA AKHLIF LII KHOIRON MINHAA (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena mushibah ini dan gantilah bagiku dengan yang lebih baik dari padanya).

Doa ini pernah diajarkan oleh Rasulullah kepada Umu Salamah, sebagai mana hadits di bawah ini :

أُمُّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَقُوْلُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ مَا مِنْ عَبْدٍ تُصِيْبُهُ مُصِيْبَةٌ فَيَقُوْلُ إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ اللهم أْجُرْنِيْ فِي مُصِيْبَتِيْ وَأَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا إِلَّا أَجَرَهُ اللهُ فِي مُصِيْبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا إِلَّا أَجَرَهُ اللهُ فِى مُصِيْبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا. قَالَتْ فَلَمَّا تُوُفِّىَ أَبُوْ سَلَمَةَ قُلْتُ كَمَا أَمَرَنِى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْلَفَ اللهُ لِى خَيْرًا مِنْهُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Ummu Salamah isteri Nabi saw berkata, saya mendengar Rasulullah saw, bersabda : Tidaklah seorang hamba (mukmin) tertimpa musibah lalu ia membaca INNAA LILLAAHI WAINNAA ILAIHI ROOJI'UUN ALLOHUMMA'JURNII FII MUSHIIBATII WA AKHLIF LII KHOIRON MINHAA (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena mushibah ini dan gantilah bagiku dengan yang lebih baik dari padanya), melainkan Allah mengganti baginya dengan yang lebih baik. Umu Salamah berkata : Maka setelah Abu Salamah (suami Umu Salamah) meninggal, aku berdoa sebagaimana yang diperintahkan Rasulullah saw. Maka Allah memberi ganti kepadaku (suami) dengan yang lebih baik yaitu Rasulullah saw (H. R. Muslim no. 2166)

No comments:

Post a Comment