Kamis, 20 Oktober 2016

Al-Qur'an akan melaknat pembacanya



Dalam kitab Ihya Ulumuddin Juz I, halaman 284, karya Imam Al-Ghazali ada ucapan sahabat Anas bin Malik sebagai berikut :

قَالَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٌ رُبَّ تَالٍ لِلْقُرْآنٍ وَالْقُرْآنُ يَلْعَنُهُ
Anas bin Malik berkata : Tidak sedikit orang yang membaca Al-Qur'an padahal Al-Qur'an yang dibacanya akan melaknatnya.

Syaikh Al-Islam Abu Yahya Zakariya Al-Anshari, dalam kitabnya Syarh Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah, halaman 20, ketika memberikan interpretasi terhadap ucapan di atas, beliau mengatakan :

وَاْلقَارِئُ بِتَرْكِهِ ذٰلِكَ (التَّجْوِيْدَ) مِنَ الدَّاخِلِيْنَ فِى ذٰلِكَ الْخَبَرِ
Seorang qari' (pembaca Al-Qur'an) yang tidak mengindahkan ilmu tajwid ketika membacanya termasuk ke dalam ancaman ucapan tersebut.

Dalam kitab مع القران الكريم karangan Syaikh Doktor Sya’ban Muhammad Isma’il, beliau mengemukakan :

قَالَ الله تَعَالٰى: وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلًا ( اَلْمُزَّمِّلْ :4 ) فَإِنَّ الْمُرَادَ بِالتَّرْتِيْلِ تَجْوِيْدُ الْحَرْفِ وَاِتْقَانُ النُّطْقِ بِالْكَلِمَاتِ فَقَدْ سُئِلَ عَلِيُّ بْنُ اَبِى طَالِبِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ التَّرْتِيْلِ فِى هٰذِهِ اْلآ يَةِ فَقَالَ: اَلتَّرْتِيْلُ تَجْوِيْدُ الْحُرُوْفِ وَمَعْرِفَةُ الْوُقُوْفِ، وَقَوْلُهُ تَعَالٰى: وَرَتِّلْ، اَمْرٌ وَهُوَ هُنَا لِلْوُجُوْبِ
“Allah Ta’ala telah berfirman : وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلًا (dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil, surat Al-Muzammil ayat 4), yang dimaksud dengan tartil  itu  ialah  mentajwidkan  huruf  dan  membunyikan  kalimat-kalimat Al-Qur’an itu dengan mantap. Saidina Ali ra, sungguh telah ditanya tentang arti tartil dalam ayat ini, beliau menjawab : Tartil ini maksudnya mentajwidkan huruf dan mengetahui waqof. Dan firman Allah Ta’ala : Warottil adalah fi’il amar dan dia itu di sini untuk menunjukkan perintah wajib. (Kitab Ma’al Qur’anil karim).

Oleh karena itu, kami menghimbau kepada para pembaca Al-Qur'an agar berhati-hati supaya tidak menyimpang dari kaidah-kaidah yang telah dirumuskan para ulama dalam kitab-kitab ilmu tajwid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar