Thursday, August 18, 2016

Berkurban tiap hari Jum'at



Tidak semua orang bisa berkurban seumur hidupnya atau tiap tahun karena keterbatas ekonomi, apalagi berkurban tiap minggu.

Tapi ada suatu amalan yang dapat kita lakukan, yang apabila kita beristiqamah melakukannya, maka kita akan mendapatkan pahala berkurban tiap minggu, dan amalan ini bisa kita lakukan tiap hari Jum'at

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَاَ نَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَاَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَاَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا اَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَاَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِى السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَاَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَاِذَا خَرَجَ اْلاِمَامُ حَضَرَتِ الْمَلآئِكَةُ يَسْتَمِعُوْنَ الذِّكْرَ. رواه البخـارى 
Dari Abu Hurairah ra. Beliau berkata, bahwa Rasulullah saw. bersabda : Siapa yang mandi hari jum’at seperti mandi jinabat, kemudian dia pergi ke jum’atan (sebagai orang yang pertama-tama datang), sama halnya seperti orang yang berkurban seekor unta, dan siapa yang datang pada saat yang kedua, sama halnya seperti orang yang berkurban seekor sapi, dan siapa yang datang pada saat yang ketiga, sama halnya seperti orang yang berkurban seekor biri-biri yang bertanduk, dan siapa yang datang pada saat keempat, sama halnya seperti orang yang berkurban seekor ayam, dan siapa yang datang pada saat yang kelima, sama halnya seperti orang yang berkurban sebutir telur. Apabila imam telah naik mimbar, maka malaikat yang hadir ikut pula mendengarkan khutbah.  (H.R. Bukhari no. 881)

Untuk yang tidak mampu membeli hewan kurban, baik kambing, sapi apalagi unta, mari kita persiapkan diri kita untuk melaksanakan amalan tersebut.      


Bagi orang yang berangkat kerja pagi-pagi, bisa melaksanakan mandi sebelum berangkat kerja

No comments:

Post a Comment