Thursday, December 10, 2015

10 KEUTAMAAN ILMU DIBANDINGKAN HARTA



Saidina Ali adalah pintu ilmu sedangkan Rasulullah saw adalah kotanya ilmu :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا مَدِيْنَةُ الْعِلْمِ وَعَلِيٌّ بَابُهَا فَمَنْ أَرَادَ الْعِلْمَ فَلْيَأْتِهِ مِنْ بَابِهِ.
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Saya adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya, maka barang siapa yang menginginkan ilmu maka hendaklah ia mendatangi dari pintunya. (H. R. Thabrani no. 10898, dalm kitab Al-Mu'jam Al-Kabir dan Al-Mustadrak 'ala Al-shahihain lil Hakim no. 4612)
Suatu hari Saidina Ali ditanya oleh 10 orang, pertanyaannya sama tapi jawabannya harus berbeda. Pertanyaannya adalah : Lebih utama mana ilmu atau harta? Jawaban  beliau dari penanya ke 1 sampai ke 10 adalah:

1. Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab ilmu adalah warisan para Nabi, sedangkan harta adalah warisan Qorun, Haman dan Fir’aun.
2.  Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab ilmu selalu menjagamu,  sedangkan engkau harus menjaga harta milikmu.
3.  Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab orang berilmu banyak teman, sedangkan orang berharta banyak musuhnya.
4.  Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab ilmu bila di infaqkan semakin bertambah, sedangkan harta bila diinfaqkan semakin berkurang
5. Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab orang berilmu dipanggil dengan sebutan mulia, sedangkan orang berharta dipanggil dengan sebutan hina.
6.  Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab ilmu tidak perlu dijaga, sedangkan harta minta dijaga.
7.  Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab orang berilmu dihari akhirat dapat memberi syafaat, sedangkan orang berharta dihari kiamat dihisab dengan berat.
8. Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab ilmu bila dibiarkan saja tidak akan pernah rusak, sedangkan harta bila dibiarkan pasti berkurang (bahkan habis dimakan)
9. Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab ilmu memberikan penerang didalam hati, sedangkan harta dapat membuat kerusakan didalam hati (seperti timbulnya sifat takabur, pamer, ingkar).
10. Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab orang berilmu bersikap lemah lembut dan selalu berbakti kepada Allah, sedangkan orang berharta, seringkali takabur dan ingkar kepada Allah. (Disarikan dari kitab Al-Mawa'idz Al-Ushfuriyyah karya Syeikh Muhammad bin Abu Bakar)

No comments:

Post a Comment