Saturday, November 21, 2015

KEUTAMAAN SALAM



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  Salam itu sebelum bicara. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Jabir.
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  Barang siapa memulai bicara sebelum salam maka janganlah menjawabnya. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Tabrani dari Ibnu Umar ra.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  Barang siapa memulai salam maka dia lebih berhak mendapatkan perlindungan dari Allah dan Rasul-NYA. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Umamah.
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  As Salam itu salah satu Nama Allah yang diletakkannya di bumi, maka sebarkanlah. Karena ketika seorang muslim melewati suatu kaum dan mengucapkan salam kepada mereka kemudian mereka menjawabnya maka dia mempunyai kelebihan derajat atas kaum tersebut karena mengingatkan mereka akan salam, jika mereka tidak menjawabnya maka dia dijawab oleh orang yang lebih baik dan lebih harum dari mereka (Malaikat). Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Bazzar dan Baihaqi dari Ibnu Mas`ud. Ini hadits shahih.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  Sesungguhnya manusia yang paling dekat kepada Allah adalah orang yang memulai salam. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu Umamah.
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  Pokok sopan santun adalah memulai dengan salam.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda:  Ketika dua orang muslim bertemu maka yang paling dekat kepada Allah SWT adalah yang memulai mengucapkan salam
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda: Ketika kalian masuk suatu majlis maka ucapkanlah salah dan ketika kalian meninggalkannya maka ucapkanlah salam.
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda: Orang yang paling kikir adalah orang yang paling pelit memberi salam.
10. Nabi Muhammad SAW bersabda: Salam itu penghormatan bagi agama kita dan keamanan bagi jaminan kita. Allah SWT berfirman: "Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balaslah (dengan yang serupa)." (An-Nisaa`:86)

No comments:

Post a Comment