Sunday, November 22, 2015

KEUTAMAAN NIKAH



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Nikah itu berkah dan anak itu rahmat maka mulyakanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya memulyakan anak itu adalah ibadah.
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Nikah itu sunnahku maka barangsiapa benci sunnahku maka tidak termasuk golonganku.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Wanita-wanita merdeka itu kemaslahatan rumah. Wanita-wanita budak itu kehancuran rumah. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Dailimi dan Tsa`labi dari Abu Hurairah.
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Barangsiapa ingin berjumpa Allah SWT dalam keadaan suci dan disucikan maka nikahilah wanita-wanita merdeka. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Anas bin Malik.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Carilah rizki dengan menikah . Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Dailimi dari Ibnu Abbas
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Barang siapa menikah maka dia benar-benar telah dikasih separuh ibadah. Demikian hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya`la dari Anas bin Malik
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Sejelek-jelek kalian adalah kebujangan kalian. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya`la, Thabrani dari Ibnu Adiy dari Abu Hurairah ra.
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Sejelek-jelek kalian adalah kebujangan kalian dan sejelek-jelek kematian kalian adalah mati membujang. Demikian makna hadits yangdiriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Athiyah bin Busr.
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Sejelek-jelek kaliana adalah kebujangan kalian. Dua raka`at dari orang yang berkeluarga lebih baik daripada tujuhpuluh raka`at dari orang yang tidak berumah tangga. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Adiy dari Abu Hurairah ra.
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : Makanan yang engkau berikan kepada istrimu adalah sedekah bagimu. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tabrani dari Al-Miqdam bin Ma`dikarib dengan isnad shahih. 

No comments:

Post a Comment