Monday, November 30, 2015

Kelezatan ibadah Syekh Abu Yazid Al-Busthomi




Diriwayatkan dari Syekh Abu Yazid  Al-Busthomi, bahwa dirinya telah beribadah kepada Allah swt bertahun-tahun, tetapi dia tidak dapat merasakan nikmat dan kelezatan ibadah.

 Dia lalu menjumpai ibunya dan berkata : Wahai ibuku, saya belum pernah dapat merasakaan nikmat dan kelezatan ibadah sema sekali. Tolonglah, renungkanlah, apakah ibu pernah memakan barang haram, sewaktu ibu mengandungku dan sewaktu menyusuiku. 

Sang ibu berfikir lama sekali, lalu berkata pada putranya : Hai anakku, ibu ingat, yaitu ketika ibu mengandungmu, ibu pernah naik ke rumah bagian atas, lalu ibu melihat ada adonan makanan milik tetangga dijemur, ibu ingin memakan itu, lalu ibu menggambilnya sedikit, yaitu sebesar ujung jari dan ibu makan tanpa minta izin kepada pemiliknya.

 Abu Yazid berkata : Inilah penyebab yang membuat aku tidak dapat merasakan kelezatan ibadah. Lalu ia berkata : Tolonglah bu, temui pemilik barang tersebut dan mintalah kehalalannya. Sang ibu lalu melaksanaknnya dan berhasil mendapatkan ridho dan kehalalan dari pemiliknya. Selang sesaat, Abu Yazid merasakan kelezatan ibadah yang amat luar biasa.

No comments:

Post a Comment