Sunday, October 4, 2015

jangan salah berdoa



لَا تَطْلُبْ مِنْهُ أَنْ يُخْرِجَكَ مِنْ حَالَةٍ لِيَسْتَعْمِلَكَ فِيْمَا سِوَاهَا فَلَوْ أَرَادَكَ لَاسْتَعْمَلَكَ مِنْ غَيِرْ إِخْرَاجٍ

JANGAN ANDA MEMINTA KEPADA ALLAH SUPAYA DIPINDAH DARI SUATU HAL KEPADA YANG LAIN, SEBAB SEKIRANYA ALLAH MENGHENDAKINYA TENTU TELAH MEMINDAHMU, TANPA MERUBAH KEADAANMU YANG LAMA. (Al-Hikam, Syekh Ibnu 'Atho-illah)

Dalam sebuah hikayat diterangkan : Ada seorang shalih biasa bekerja dan beribadah, lalu ia berkata : Andaikan aku bisa mendapatkan untuk tiap hari dua potong roti, niscaya aku tidak susah bekerja dan melulu beribadah. Tiba-tiba ia tertuduh dan karenanya ia harus masuk penjara, dan tiap hari ia menerima dua potong roti, kemudian setelah beberapa lama ia menderita dalam penjara, ia berpikir : Bagaimana sampai terjadi demikian ini? Tiba-tiba teringat dalam perasaannya : Engkau minta dua potong roti, dan tidak minta selamat, maka Kami (Allah) memberi permintaanmu.

            Setelah itu ia minta ampun dan membaca istighfar, maka seketika itu pula pintu penjara terbuka dan di lepaskan dari penjara.

            Sebab Allah menjadikan manusia dengan segala hajat kebutuhannya, sehingga tidak usah manusia kuatir atau ragu atau jemu terhadap sesuatu pemberian Allah, meskipun berbentuk penderitaan bala' pada lahirnya, sebab hakikatnya nikmat besar bagi siapa yang mengetahui hakikatnya, sebab tidak ada sesuatu yang tidak terbit dari rahmat, karunia dan nikmat Allah ta'ala

No comments:

Post a Comment