Thursday, September 10, 2015

terjemahan ratibul haddad



اَلْفَاتِحَةُ إِلَى حَضْرَةِ سَيِّدِنَا وَشَفِيْعِنَا وَنَبِيِّنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - اَلْفَاتِحَةْ- 
Al-fatihah kepada penghulu, penolong, Nabi dan pemimpin kami yaitu Nabi Muhammad semoga Allah, melimpahkan rahmat ta’dhim dan keselamatan atas nya
 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعٰلمِيْنَ . الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اِهْدِنَ الصِّرَاطَ المُسْتَقِيْمَ . صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ المَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ .   آمِيْنَ .
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Hanya kepada-Mulah kami menyembah dan hanya kepada-Mulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan ni’mat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula) jalan mereka yang sesat. Wahai Tuhan, perkenankanlah do’a kami”.    .
اَللهُ لاَ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
 Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang  Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Basar.

 آمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُوْنَ. كُلٌّ آمَنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ . لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rasul telah beriman kepada Al Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali". Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo`a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". 

لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِىْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ ( 3 )

“Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan (langit dan bumi) dan bagi-Nya pula segala puji. Dia yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”.   ( 3 x ).
 سٌبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ  ( 3 )
Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang wajib di sembah melainkan Allah dan Allah Tuhan Yang Maha Besar. ( 3 x )
  سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحاَنَ اللهِ الْعَظِيْمِ ( 3 )
Maha suci Allah segala puji khusus bagi-Nya, Maha suci Allah Yang Maha Agung. ( 3 x )
  رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ  ( 3 )
Ya Allah ampunlah dosa kami dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat lagi Maha Penyayang. ( 3 x )
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ  ( 3 )
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami Nabi Muhammad saw. ya Allah, limpahkanlah rahmat ta’dhim dan keselamatan atas Muhammad saw”. ( 3 x )
  أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّمَا خَلَقَ ( 3 )
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya. (3 x)
  بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي الْسَّمَآءِ وَهُوَ الْسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ  ( 3 )
Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tiada suatu pun, baik di bumi mahupun di langit dapat memberi bencana, dan Dia Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. (3 x)

 رَضِيْنَا بِاللهِ رَبًّا وَبِالْإِسلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا  ( 3 )
Kami redha Allah sebagai Tuhan kami, Islam sebagai Agama kami dan Muhammad sebagai Nabi kami.   (3 x)
 بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَالْخَيْرُ وَالشَّرُّ بِمَشِيْئَةِ اللهِ  ( 3 )
Dengan menyebut nama Allah, segala pujian bagi Allah, dan segala kebaikan dan kejahatan adalah kehendak Allah.  (3 x)
 آمَنَّا بِاللهِ وَاليَوْمِ اْلآخِرِ تُبْناَ إِلَى اللهِ باَطِناً وَظَاهِرًا  ( 3 )
Kami beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, dan kami bertaubat kepada Allah batin dan zahir. (3 x)
يَا رَبَّنَا وَاعْفُ عَنَّا وَامْحُ الَّذِيْ كَانَ مِنَّا ( 3 )
Ya Tuhan kami, maafkan kami dan hapuskanlah apa-apa (dosa) yang ada pada kami.     (3x)
 ياَ ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْراَمِ أَمِتْناَ عَلَى دِيْنِ الإِسْلاَمِ  ( 7 )
Wahai Tuhan yang mempunyai sifat Keagungan dan sifat Pemurah, matikanlah kami tetap dalam agama Islam . (7x)
 ياَ قَوِيُّ ياَ مَتِيْنُ  إِكْفِ شَرَّ الظَّالِمِيْنَ  ( 3 )
Wahai Tuhan yang Maha Kuat lagi Maha Gagah, hindarkanlah kami dari kejahatan orang-orang yang zalim. (3x)
 أَصْلَحَ اللهُ أُمُوْرَ الْمُسْلِمِيْنَ صَرَفَ اللهُ شَرَّ الْمُؤْذِيْنَ  ( 3 )
Semoga Allah memperbaiki urusan kaum muslimim dan menghindarkan mereka dari kejahatan orang-orang yang suka menggangu.   (3x)
يَا عَلِيُّ يَا كَبِيْرُ، يَا عَلِيْمُ  يَا قَدِيْرُ، يَا سَمِيعُ يَا بَصِيْرُ،  يَا لَطِيْفُ يَا خَبِيْرُ (3 )
Wahai Tuhan Yang Maha Tinggi, lagi Maha Besar, Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa, Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Yang Maha Lemah-Lembut lagi Maha Mengetahui     (3x)
 ياَ فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَّمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ (3 )
Wahai Tuhan yang melegakan dari duka cita, lagi melapangkan dada dari rasa sempit. Wahai Tuhan yang mengampuni dan menyayangi hamba-hamba-Nya.    (3x)
أَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنَ الْخَطَاياَ  ( 4 )
Aku memohon keampunan Allah Tuhan Pencipta sekalian makhluk, aku memohon keampunan Allah dari segala kesalahan.     (4x)
 لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ ، لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ (50 )
Tiada Tuhan yang wajib disembah Melainkan Allah, Tiada Tuhan yang wajib disembah Melainkan Allah  (50x)
 لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّفَ وَكَرَّمَ وَمَجَّدَ وَعَظَّمَ وَرَضِيَ اللهُ تَعاَلَى عَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ وَأَصْحَابِ اْلأَكْرَمِيْنَ وَأَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَعَلَيْناَ لَهُمْ وَفِيْهِمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
Tiada Tuhan yang wajib disembah Melainkan Allah,  Muhammad utusan Allah, semoga Allah, melimpahkan rahmat ta’dhim dan keselamatan atas nya, (semoga Allah juga) meninggikan, memuliakan, menyanjung dan mengagungkan nya Serta semoga Allah Ta'ala meridhai akan keluarganya yang baik lagi suci serta para sahabatnya yang mulya, dan para istinya yang suci menjadi ibu orang-orang mukmin, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari qiyamat, dan semoga kami dan mereka dalam rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Penyayang diantara yang Penyayang.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ . اللهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ. وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُواً أَحَدٌ (3)
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyeyang. Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan. dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia".

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyeyang Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh. dari kejahatan makhluk-Nya. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki".

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مٰلِكِ النَّاسِ . إِلٰهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyeyang Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. dari (golongan) jin dan manusia.
  
اَلْفَاتِحَةُ لِسَيِّدِنَا الْفَقِيْهِ الْمُقَدَّمِ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ باَعَلَوِيِّ وَأُصُوْلِهِ وَفُرُوْعِهِ  وَجَمِيْعِ السَّادَةِ آل بَاعَلَوِيِّ .
Al-fatihah kepada Penghulu kami Al-Faqih Al-Muqaddam, Muhammad bin Ali Ba’alawi, dan kepada asal-usul dan keturunannya, dan kepada semua penghulu dari keluarga bani Ba’alawi
 اَلْفَاتِحَةُ لِجَمِيْعِ السَّادَةِ الصُّوْفِيَّةِ أَيْنَمَا كَانُوْا.
Al-fatihah kepada segenap penghulu ahli-ahli sufi, di mana saja mereka berada,

اَلْفَاتِحَةُ لِصَاحِبِ الرَّاتِبِ سَيِّدِنَا الْحَبِيْبِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَلْوِى الْحَدَّادِ باَعَلَوِيِّ
Al-fatihah kepada Penyusun Ratib ini, penghulu kami Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad Ba’alawi
اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ رِضَـاكَ وَالْجَنَّـةَ وَنَـعُوْذُ بِكَ مِنْ سَـخَطِكَ وَالنَّارِ   (3)
Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhahan dan syurga-Mu; dan kami pberlindung kepada-Mu dari kemarahan-Mu dan api neraka.  (3x)

1 comment: