Sunday, September 27, 2015

PENGERTIAN PRAMUKA DALAM ISLAM




Kepramukaan adalah suatu kegiatan yang menarik yang mengandung pendidikan

Pramuka adalah singkatan dari praja muda karana, artinya orang-orang yang berjiwa muda yang suka berkarya/kerja.

Dalam hal ini kami mengartikan karana adalah mencipta atau inovatif. Jadi pramuka adalah orang yang punya jiwa muda (meskipun usianya telah tua) yang  suka menciptakan sesuatu atau berinovasi.

Orang itu bisa menciptakan sesuatu atau berinovasi tidak cukup mengandalkan kecerdasan saja, tapi yang lebih dominan adalah kekreatifan orang tersebut.

Orang kreatif itu seperti  orang yang selalu melalui jalan yang tidak biasa di lalui orang umum, sehingga dia selalu dapat keluar dari kesulitan yang ada, dan selalu dapat menemukan jalan keluarnya.


Orang kretif ini tidak pernah lepas dari memikirkan sesuatu, baik yang ada di depannya atau yang jauh darinya sebagai bahan renungan.
Masalah berfikir, sangat banyak dalam Al-Qur'an, di antaranya adalah :

أَفَلاَ تَتَفَكَّرُوْنَ
Maka apakah kamu tidak memikirkan (nya)? (Q.S. 6 Al An'aam 50)


الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ قِيَاماً وَقُعُوْدًا وَعَلَى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(Q.S. 3 Ali 'Imran 191)

1 comment:

  1. Terima kasih atas penjelasannya, memang benar Dan demian adanya seperti yang saya rasakan dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete