Jumat, 21 Agustus 2015

seni islami




    “… Penyebutan Allah pada diri-Nya sebagai badi’ussamawat wal ardh, merupakan penegasan bahwa islam pun menghendaki dalam kehidupan ini suatu kein-dahan yang tidak lepas dari kesenian. Sebab arti badi’ itu adalah pencipta pertama dan berkonotasi indah.” ( Dr. KH. MA. Sahal Mahfudz ).

      Allah meniupkan perangkat sem-purna dibanding makhluk lainnya– pada diri manusia. Itulah mengapa Pencipta alam raya ini membe-rikan gelar ‘Ahsanut Taqwim’ pada bani Adam. Dan tahukah bahwa perangkat itu adalah daya cipta manusia, baik dalam ranah logika maupun estetika (keinda-han). Yang disebut terakhir dalam bahasa sehari-hari dapat dikata-kan sebagai seni. Dan seni dapat juga diartikan sebagai keahlian membuat karya yang bermutu tinggi. 
 
     Islam sebagai agama yang sesuai dengan fitrah tentu tidak pernah memasung kreativitas selama masih sejalan dengan kefitrahan itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Allah memberikan kesan kepada hambaNya, bahwa Dia adalah Sang Kreator Ulung (badi’). Untuk membuktikannya, mari kita simak bagaimana Allah menciptakan alam raya dengan keindahannya dalam firmanya yang artinya:

Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasi-nya dan langit itu tidak mem-punyai retak-retak sedikit pun? (Q.S. 50 Qaaf 6)

    Selanjutnya, Allah juga menga-jak kita mengamati keindahan tumbuh-tumbuhan ketika berbuah. Dalam firmanNya yang artinya:

Dan Dialah yang menurun-kan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami ke-luarkan dari tumbuh-tum-buhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang meng-hijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Se-sungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) ba-gi orang-orang yang beri-man. (Q.S. 6 Al An'aam 99)

      Begitu pula Allah telah menciptakan laut, tidak hanya dapat diambil kesegaran daging-nya, namun juga perhiasan –yang dalam Kitab Jalalain ditafsirkan intan mutiara yang indah.
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keun-tungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur. (Q.S. 16 An-Nahl 14)

      Untuk itulah mengapa kemudian Imam Ghazali dalam Ihya’– menyebutkan bahwa orang yang tidak dapat menikmati keindahan alam semesta, niscaya ia menderita penyakit yang kronis, “Siapa yang tidak berkesan hatinya di musim bunga dengan kembang-kembangnya, atau oleh alat musik dan getaran nadanya, maka fitrahnya telah mengidap penyakit parah yang sulit diobati.”

Seni Islami
      Meskipun Islam bersikap apre-siatif terhadap keindahan (baca: kesenian), namun dalam perkembangannya, seni Islam akhir-akhir ini mengalami kemun-duran. Hal ini jauh berbeda de-ngan masa-masa keemasan Islam tempo dulu. Di antara sebab terjadinya karena memang minim-nya umat Islam yang mau mengembangkan seni sesuai koridor kefitrahan atau karena sikap kehati-hatian umat Islam karena khawatir masuk dalam keharaman. Sikap ini (mening-galkan seni) mempunyai alasan yang sama dalam transaksi ekonomi sebagaimana yang disinyalir oleh Umar bin Khattab. Beliau mengatakan, “Umat Islam meninggalkan dua pertiga (2/3) dari transaksi ekonomi karena khawatir terjerumus ke dalam (perkara) haram.” Dalam riwayat lain disebutkan “Meninggalkan sembilan persepuluh (9/10) dari transaksi ekonomi.”

     Adapun pelabelan seni islami, sebenarnya hanya istilah saja. Sebab Islam datang tidak secara tegas memberikan aturan-aturan tentang kesenian. Maksud dari seni islami adalah kreativitas yang indah yang sejalan dengan nilai-nilai syariat dan fitrah manusia. Hal ini berarti mengecualikan kreasi indah yang tidak sesuai dengan nilai syariat, seperti lukisan yang mengundang syahwat, foto-foto yang membuka aurat (bugil), dan lain sebagainya. Sebab meskipun ada sebagian yang menganggap itu sebagai keindahan jika anggapan itu benar tapi telah melewati batas syariat dan fitrah manusia. Begitu pula lirik-lirik lagu atau syair yang membingungkan pendengar dan mengandung arti yang tidak sesuai dengan kebenaran. Contohnya dapat kita lihat dalam sebuah kisah yang diriwayatkan Imam Ahmad yang menyebutkan dua orang wanita sedang mengenang para pahlawan badar sambil menabuh gendang. Di antara syairnya: “Dan kami mempunyai Nabi yang mengeta-hui apa yang akan terjadi besok.”
 
Mendengar kalimat ini, Nabi SAW menegur mereka: “Adapun yang demikian, maka jangan kalian ucapkan. Tidak ada yang mengetahui (secara pasti) apa yang terjadi esok kecuali Allah.”

Media Dakwah
Seni sebagai fitrah manusia tentu mempunyai titik singgung terha-dap seluruh individu yang ‘masih baik’ kefitrahannya. Penggunaan seni dalam penguatan dakwah akan menjadi semakin mengena karena seni menggunakan perangkat dasar fitrah manusia. Dakwah secara etimologi berarti memanggil atau seruan. Adapun secara terminologi adalah mengajak atau menyeru manusia untuk melakukan kebajikan (amar ma’ruf) dan melarang kejelekan (nahi munkar). Pemahaman dakwah ini dapat kita tilik dari surat An-Nahl ayat 125:
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.

     Ayat ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan ayat 110 surat Ali Imran yang menerangkan bahwa : “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepa-da yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.”

     Sebagai media dakwah, seni budaya mempunyai arah penca-paian kesadaran kualitas kebe-ragamaan Islam yang pada gilirannya membentuk perilaku islami dengan tanpa menimbulkan konflik sosial atau pun gejolak budaya. Selain itu, kesenian dalam kehidupan yang integral juga bisa diarahkan dalam pengembangan seni budaya yang mampu menjadi ‘tembok kokoh’ dari campur tangan budaya non islami.

     Contoh yang tepat adalah dakwahnya para Walisanga yang telah berhasil ‘mengislamkan’ nusantara dengan tanpa ’setetes darah’ pun yang tertumpah. Semoga kita sebagai generasi Islam Indonesia mampu memang-ku amanat untuk tetap menghi-dupkan ruh Islam dengan atribut seni dan budayanya. Dengan demikian diharapkan Islam di tanah air mempunyai denyut nadi yang utuh sesuai dengan fitrahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar