TAHLILAN DAN YASINAN
Kegiataan tahlilan dan
yasinan dapat di lihat dari beberapa aspek, diantaranya adalah :
1. Aspek silaturrohmi
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ
قَالَ أَخْبَرَنِى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ
أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ،
فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ.
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan
kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab dia berkata; telah
mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Barangsiapa ingin lapangkan pintu rizqi untuknya dan dipanjangkan umurnya
hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi. (H. R. Bukhari no. 5987 dan Muslim no. 6688)
2. Aspek kumpul-kumpul (majkis dzikir)
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالاَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ سَمِعْتُ أَبَا إِسْحَاقَ يُحَدِّثُ عَنِ الأَغَرِّ
أَبِى مُسْلِمٍ أَنَّهُ قَالَ أَشْهَدُ عَلَى أَبِى هُرَيْرَةَ وَأَبِى سَعِيْدٍ
الْخُدْرِىِّ أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى النَّبِىِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ
يَذْكُرُونَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ
وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ
فِيْمَنْ عِنْدَهُ .
“Dari Abi Sa’id Al-Khudri, ia berkata : Rasulullah saw,
bersabda: Tidaklah berkumpul suatu kaum sambil berdzikir kepada Allah ‘Azza wa
Jalla, kecuali mereka akan dikelilingi Malaikat, Dan Allah akan memberikan
rahmat-Nya kepada mereka, memberikan ketenangan hati dan memujinya di hadapan
makhluk yang ada di sisi-Nya”. (H.
R. Muslim no. 7030)
3.Aspek sodaqoh,
Sodaqoh ini bisa dengan makanan atau dengan kalimah
toyyibah
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ الضُّبَعِىُّ حَدَّثَنَا مَهْدِىُّ
بْنُ مَيْمُوْنٍ حَدَّثَنَا وَاصِلٌ مَوْلَى أَبِى عُيَيْنَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ
عُقَيْلٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ عَنْ أَبِى الأَسْوَدِ الدِّيْلِىِّ عَنْ
أَبِى ذَرٍّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا لِلنَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا
رَسُولَ اللهِ ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُوْرِ بِالْأُجُوْرِ يُصَلُّوْنَ كَمَا نُصَلِّى
وَيَصُوْمُوْنَ كَمَا نَصُوْمُ وَيَتَصَدَّقُوْنَ بِفُضُوْلِ أَمْوَالِهِمْ. قَالَ
أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُوْنَ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيْحَةٍ
صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَهْلِيْلَةٍ
صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوْفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ
وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ . قَالُوا
يَا رَسُولَ اللهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُوْنُ لَهُ فِيْهَا أَجْرٌ
قَالَ ، أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيْهَا وِزْرٌ
فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ .
“Dari Abu Dzar ra, : Sesungguhnya sejumlah orang dari sahabat
Rasu-lullah saw, berkata kepada Rasulullah saw : “ Wahai Rasulullah,
orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala yang banyak, mereka shalat
sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bersedekah
dengan kelebihan harta mereka (sedang kami tidak dapat melakukannya).
(Rasulullah saw,) bersabda : Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan
untuk bersedekah ? : Sesung-guhnya setiap tasbih merupakan sedekah, setiap
takbir merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil
merupakan sedekah, amar ma’ruf nahi munkar merupakan sedekah dan setiap
kemaluan kalian merupakan sedekah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah masakah
dikatakan berpahala seseorang diantara kami yang menyalurkan syahwatnya ?,
beliau bersabda : Bagaimana pendapat kalian seandainya hal tersebut disalurkan
dijalan yang haram, bukankah baginya dosa ?, demikianlah halnya jika hal
tersebut diletakkan pada jalan yang halal, maka baginya mendapatkan pahala”.
(H.
R. Muslim no. 2376)
بَابٌ طِيْبِ
الْكَلاَمِ . وَقَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَلْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ
.
رواه البخارى – جز : 4 – 106
“Dan Abu Hurairah berkata,dari Nabi saw. Kalimah toyyibah
(ucapan yang baik) adalah shadaqah.
4. Aspek
bacaan
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاَءِ وَمُحَمَّدُ بْنُ مَكِّىٍّ الْمَرْوَزِىُّ - الْمَعْنَى
- قَالاَ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِىِّ عَنْ أَبِى
عُثْمَانَ - وَلَيْسَ بِالنَّهْدِىِّ - عَنْ أَبِيْهِ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ
قَالَ قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اقْرَءُوا (يس) عَلَى مَوْتَاكُمْ . وَهَذَا لَفْظُ ابْنِ الْعَلاَءِ .
Dari Mi’qal bin Yasar,
Nabi Muhammad saw bersabda : Bacakanlah Yasin
untuk orang yang mati diantara kamu”.
(H. R. Abu Daud no. 3121)
5.Aspek
hadiah pahala
وَالَّذِيْنَ جَاؤُوْا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ
لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ القرآن - سورة
الحشر- اية : 10
“Dan
orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdo’a: “Ya Tuhan kami,
beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami.”
وَحَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ
حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَجُلاً أَتَى النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا
رَسُوْلَ اللهِ إِنَّ أُمِّىَ افْتُلِتَتْ نَفْسَهَا وَلَمْ تُوْصِ وَأَظُنُّهَا
لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ أَفَلَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا قَالَ
نَعَمْ.
“Dari
‘Aisyah bahwasanya seorang laki-laki datang kepada Nabi saw, dan bertanya :
Sesungguhnya ibu saya meninggal tiba-tiba, saya kira kalau ia dapat bicara
sebelumnya tentu ia akan bersedekah, apakah ia akan dapat pahala kalau saya
bersedekah menggantikannya? Jawab Nabi, Ya”.
(H. R. Muslim no. 2373)
وَحَدَّثَنِى
هَارُوْنُ بْنُ سَعِيْدٍ اْلأَيْلِىُّ وَأَحْمَدُ بْنُ عِيْسَى قَالاَ حَدَّثَنَا
ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِى
جَعْفَرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُوْلَ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صِيَامٌ صَامَ
عَنْهُ وَلِيُّهُ .
“Dari
Ummul Mu’minin Siti ‘Aisyah rdh, beliau berkata: Bahwasanya Nabi bersabda :
Barang siapa meninggal sedang ia berhutang puasa, maka walinya boleh
menggantikan puasanya itu.” (H. R. Muslim no. 2748)
Di atas hadiah pahala disampaikan oleh anaknya, bagaimana kalau yang
menghadiahkan pahala itu dari orang lain :
حَدَّثَنَا
إِسْحَاقُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الطَّالْقَانِىُّ وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِىِّ -
الْمَعْنَى وَاحِدٌ - قَالَ إِسْحَاقُ - حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ
عَنِ ابْنِ أَبِى عَرُوْبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَزْرَةَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ
جُبَيْرٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعَ رَجُلاً يَقُوْلُ لَبَّيْكَ
عَنْ شُبْرُمَةَ. قَالَ مَنْ شُبْرُمَةَ ». قَالَ أَخٌ لِى أَوْ قَرِيْبٌ لِى.
قَالَ حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ . قَالَ
لاَ. قَالَ حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ .
“Dari Ibnu Abbas, bahwasanya
Nabi saw. Mendengar seorang lelaki membaca talbiyah (dalam ibadah haji)
‘Labbaika an Syubrumah’. Lantas Nabi bertanya kepada orang itu : siapa
Syubrumah itu? Jawabnya: Saudara (karib) saya. Apakah kamu sudah mengerjakan
haji untukmu? Tanya Nabi. Belum jawabnya. Nabi bersabda : Hajilah dulu untukmu,
kemudian baru menghajikan Syubrumah” ( H. R. Abu Daud no. 1813)
حَدَّثَنَا
إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُوسَى الرَّازِىُّ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ
بَحِيْرٍ عَنْ هَانِئٍ مَوْلٰى عُثْمَانَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ كَانَ النَّبِىُّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ
مِنْ دَفْنِ الْمَيِّتِ وَقَفَ عَلَيْهِ فَقَالَ
اِسْتَغْفِرُوْا لِأَخِيْكُمْ وَسَلُوْا لَهُ التَّثْبِيْتَ فَإِنَّهُ
الآنَ يُسْأَلُ
Dari Utsman bin
Affan, beliau berkata “Adalah Nabi Muhammad Saw. ketika telah selesai mengubur
mayat, beliau
berdiri sebentar dan berkata kepada sahabat-sahabat beliau: “Mintakanlah ampun (kepada Tuhan) saudaramu
ini, dan mohonkanlah agar
ia tabah dan tetap, karena ia sekarang sedang ditanya.” (H. R. Abu Daud no. 3223)
حَدَّثَنَا
الْحَسَنُ بْنُ عِيْسٰى
حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا سَلاَّمُ بْنُ أَبِى مُطِيعٍ عَنْ
أَيُّوبَ عَنْ أَبِى قِلاَبَةَ عَنْ عَبْدِ الله بْنِ يَزِيدَ - رَضِيْعِ
عَائِشَةَ - عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ مَيِّتٍ يُصَلِّى عَلَيْهِ أُمَّةٌ
مِنَ الْمُسْلِمِينَ يَبْلُغُونَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُوْنَ لَهُ إِلاَّ شُفِّعُوْا فِيْهِ
Dari A'isyah,dari Nabi Saw., bersabda: “Tidaklah dari mayit yang dishalatkan oleh sekumpulan umat Islam yang jumlahnya mencapai 100
orang yang semuanya berdo’a untuknya, kecuali do’a (syafa’at) mereka diterima untuknya.” (H. R. Muslim no. 2241)
6.Aspek
menghormat tamu
عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَ
يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلَا يُؤْذِ جَارَهُ وَمَنْ كَانَ
يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ
فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ
فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ
dari Abu Hurairah dia berkata;
Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir,
janganlah ia mengganggu tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari
Akhir hendaknya ia memuliakan tamunya dan barangsiapa beriman kepada Allah dan
hari Akhir hendaknya ia berkata baik atau diam." (H. R. Bukhari mo. 6018)
PENDAPAT IBNU TAIMIYAH
Syaikhul
Islam Taqiyuddin Muhammad ibnu Ahmad ibnu Abdul Halim (yang lebih populer dengan
julukan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dari madzhab Hambali) adalah ulama sekaligus imam besar yang
diagung-agungkan oleh orang-orang yang tidak menyukai tahlilan, kenyataannya
dalam kitab beliau (Majmu’ Fatawa) juz 22 halaman 519 – 520 beliau
mengatakan :
وَسُئِلَ عَنْ رَجُلٍ
يُنْكِرُ عَلَى أَهْلِ الذِّكْرِ يَقُولُ لَهُمْ هَذَا الذِّكْرُ بِدْعَةٌ
وَجَهْرُكُمْ فِي الذِّكْرِ بِدْعَةٌ وَهُمْ يَفْتَتِحُونَ بِالْقُرْآنِ
وَيَخْتَتِمُونَ ثُمَّ يَدْعُونَ لِلْمُسْلِمِينَ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ
وَيَجْمَعُونَ التَّسْبِيحَ وَالتَّحْمِيدَ وَالتَّهْلِيلَ وَالتَّكْبِيرَ
وَالْحَوْقَلَةَ وَيُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ... فَأَجَابَ الِاجْتِمَاعُ
لِذِكْرِ اللَّهِ وَاسْتِمْتَاعِ كِتَابِهِ وَالدُّعَاءُ عَمَلٌ صَالِحٌ وَهُوَ
مِنْ أَفْضَلِ الْقُرُبَاتِ وَالْعِبَادَاتِ فِي الْأَوْقَاتِ فَفِي الصَّحِيحِ
عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ إنَّ لِلَّهِ مَلَائِكَةً
سَيَّاحِينَ فِي الْأَرْضِ فَإِذَا مَرُّوا بِقَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ
تَنَادَوْا هَلُمُّوا إلَى حَاجَتِكُمْ وَذَكَرَ الْحَدِيثَ وَفِيهِ وَجَدْنَاهُمْ
يُسَبِّحُونَك وَيَحْمَدُونَك وَأَمَّا مُحَافَظَةُ الْإِنْسَانِ عَلَى أَوْرَادٍ
لَهُ مِنْ الصَّلَاةِ أَوْ الْقِرَاءَةِ أَوْ الذِّكْرِ أَوْ الدُّعَاءِ طَرَفِي
النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنْ اللَّيْلِ وَغَيْرِ ذَلِكَ فَهَذَا سُنَّةُ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ قَدِيمًا
وَحَدِيثًا
“Syaikh Ibnu Taimiyah ditanya, tentang seseorang
yang memprotes ahli dzikir (berjamaah) dengan berkata kepada
mereka, Dzikir kalian ini bid’ah,
mengeraskan suara yang kalian lakukan juga bid’ah. Mereka memulai dan menutup dzikirnya dengan Al-Qur’an,
lalu mendo’akan kaum muslimin yang masih hidup maupun yang sudah
meninggal. Mereka mengumpulkan antara
tasbih, tahmid, tahlil, takbir, hauqalah (laa haula wa laa quwwata
illaabillaah) dan shalawat kepada Nabi saw.?” Lalu Ibnu Taimiyah menjawab:
“Berjamaah dalam berdzikir kepada Allah,
mendengarkan Al-Qur’an dan berdo’a adalah amal shaleh, termasuk qurbah
(pendekatan diri) dan ibadah yang paling utama dalam setiap waktu. Dalam shahih Bukhari, Nabi saw, bersabda: “Sesungguh nya Allah memiliki banyak malaikat yang
selalu bepergian dimuka bumi. Apabila mereka bertemu dengan sekumpulan
orang yang berdzikir kepada Allah, maka mereka memanggil, “Silahkan sampaikan
hajat kalian”, lanjutan hadits tersebut terdapat redaksi, “Kami menemukan mereka bertasbih dan bertahmid
kepada-Mu”… Adapun memelihara rutinitas aurad (bacaan-bacaan wirid)
seperti shalat, membaca Al-Qur’an, berdzikir
atau berdo’a, setiap pagi dan sore
serta pada sebagian waktu malam dan lain-lain, hal ini merupakan tradisi Rasulullah saw, dan hamba-hamba Allah yang
saleh, zaman dulu dan sekarang”.
Masih
dalam kitab Majmu’ Fatawa juz 24 halaman 298 disebutkan:
وَأَمَّا الْقِرَاءَةُ عَلَى الْقَبْرِ فَكَرِهَهَا
أَبُو حَنِيفَةَ وَمَالِكٌ وَأَحْمَدُ فِي إحْدَى الرِّوَايَتَيْنِ وَلَمْ يَكُنْ
يَكْرَهُهَا فِي الْأُخْرَى وَإِنَّمَا رُخِّصَ فِيهَا لِأَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ
ابْنَ عُمَرَ أَوْصَى أَنْ يُقْرَأَ عِنْدَ قَبْرِهِ بِفَوَاتِحِ الْبَقَرَةِ
وَخَوَاتِيمِهَا وَرُوِيَ عَنْ بَعْضِ الصَّحَابَةِ قِرَاءَةُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ
فَالْقِرَاءَةُ عِنْدَ الدَّفْنِ مَأْثُورَةٌ فِي الْجُمْلَةِ وَأَمَّا بَعْدَ
ذَلِكَ فَلَمْ يُنْقَلْ فِيهِ أَثَرٌ
“Adapun bacaan di atas kuburan itu dimakruhkan oleh
Abu Hanifah, Malik, dan dalam salah satu riwayat Ahmad,
sementara dalam riwayat beliau
lainnya tidak memakruhkannya, ia mengizinkannya kerena telah sampai kepadanya hadis Ibnu Umar bahwa ia
berwasiat agar dibacakan pembukaan
dan penutup surah Al-Baqarah di atas kuburannya. Dan telah diriwayatkan
dari sebagian sahabat agar dibacakan surah Al-Baqarah
di atas kuburan mereka. Adapun bacaan ketika dikuburkan, maka ia telah diriwayatkan, dan adapun setelahnya
tidak ada riwayat tentangnya”.
Dan dalam juz 24 halaman
314 - 315 beliau berkata:
فَأَجَابَ الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أَمَّا
الصَّدَقَةُ عَنْ الْمَيِّتِ فَإِنَّهُ يُنْتَفَعُ بِهَا بِاتِّفَاقِ
الْمُسْلِمِينَ وَقَدْ وَرَدَتْ بِذَلِكَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَادِيثُ صَحِيحَةٌ
مِثْلُ قَوْلِ سَعْدٍ يَا رَسُولَ اللهِ إنَّ أُمِّي اُفْتُلِتَتْ نَفْسُهَا
وَأُرَاهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ فَهَلْ يَنْفَعُهَا أَنْ أَتَصَدَّقَ
عَنْهَا فَقَالَ نَعَمْ وَكَذَلِكَ يَنْفَعُهُ الْحَجُّ عَنْهُ وَالْأُضْحِيَّةُ
عَنْهُ وَالْعِتْقُ عَنْهُ وَالدُّعَاءُ وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُ بِلَا نِزَاعٍ
بَيْنَ الْأَئِمَّةِ
“Beliau menjawab : Segala puji bagi Allah Tuhan
seru sekalian alam. Adapun sedekah untuk mayat, maka ia bisa mengambil
manfa’at berdasarkan kesepakatan umat
islam, semua itu terkandung dalam beberapa
hadits shahih dari Nabi saw, seperti kata Sa’ad “Ya Rasul Allah, sesungguhnya ibuku wafat, dan aku
berpendapat jika ia masih dapat berbicara pasti ingin bersedekah, apakah
bermanfaat jika aku bersedekah sebagai gantinya ?” maka beliau menjawab “Ya”,
Begitu juga bermanfaat bagi mayat : Haji, qurban, memerdekakan budak, do’a dan
istighfar kepadanya, yang ini tanpa perselisihan di antara para imam.
Dan
lebih spesifik lagi beliau menjelaskan dalam hal sampainya hadiah pahala shalat, puasa dan
bacaan Al-Qur’an kepada mayat pada juz 24 halaman 322 sebagai berikut ini :
فَإِذَا أُهْدِيَ لِمَيِّتٍ ثَوَابُ صِيَامٍ أَوْ صَلَاةٍ أَوْ قِرَاءَةٍ
جَازَ ذَلِكَ
“jika saja dihadiahkan kepada mayat pahala puasa,
pahala shalat atau pahala bacaan (Al-Qur’an/kalimah thayyibah) maka hukumnya diper-bolehkan”.
Masih
dalah kitab Majmu’ Fatawa pada juz 24 halaman 324 beliau berkata :
َسُئِلَ عَنْ قِرَاءَةِ أَهْلِ الْمَيِّتِ تَصِلُ
إلَيْهِ وَالتَّسْبِيحُ وَالتَّحْمِيدُ وَالتَّهْلِيلُ وَالتَّكْبِيرُ إذَا
أَهْدَاهُ إلَى الْمَيِّتِ يَصِلُ إلَيْهِ ثَوَابُهَا أَمْ لَا فَأَجَابَ يَصِلُ
إلَى الْمَيِّتِ قِرَاءَةُ أَهْلِهِ وَتَسْبِيحُهُمْ وَتَكْبِيرُهُمْ وَسَائِرُ
ذِكْرِهِمْ للهِ تَعَالَى إذَا أَهْدَوْهُ إلَى الْمَيِّتِ وَصَلَ إلَيْهِ واللهُ
أَعْلَمُ
“Dan beliau
ditanya tentang bacaan ahlul bait : Sampai kepadanya? Tasbih, tahmid, tahlil dan
takbir, apabila pahalanya dihadiahkan kepada mayat sampai atau tidak? Maka
beliau menjawab : Bacaan tasbih, takbir dan dzikir-dzikir kepada Allah lainnya apabila
pahalanya dihadiahkan kepada si mayat, niscaya sampailah pahala kepadanya. Allah lebih mengetahui.
Masih dalam juz 24 halaman 366, syekh Ibnu Taymiyah berfatwa:
أَمَّا الْقِرَاءَةُ
وَالصَّدَقَةُ وَغَيْرُهُمَا مِنْ أَعْمَالِ الْبِرِّ فَلَا نِزَاعَ بَيْنَ
عُلَمَاءِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ فِي وُصُولِ ثَوَابِ الْعِبَادَاتِ
الْمَالِيَّةِ كَالصَّدَقَةِ وَالْعِتْقِ كَمَا يَصِلُ إلَيْهِ أَيْضًا الدُّعَاءُ
وَالِاسْتِغْفَارُ وَالصَّلَاةُ عَلَيْهِ صَلَاةَ الْجِنَازَةِ وَالدُّعَاءُ
عِنْدَ قَبْرِهِ وَتَنَازَعُوا فِي وُصُولِ الْأَعْمَالِ الْبَدَنِيَّةِ
كَالصَّوْمِ وَالصَّلَاةِ وَالْقِرَاءَةِ وَالصَّوَابُ أَنَّ الْجَمِيعَ يَصِلُ
إلَيْهِ فَقَدْ ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
أَنَّهُ قَالَ مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صِيَامٌ صَامَ عَنْهُ وَلِيُّهُ وَثَبَتَ
أَيْضًا أَنَّهُ أَمَرَ امْرَأَةً مَاتَتْ أُمُّهَا وَعَلَيْهَا صَوْمٌ أَنْ
تَصُومَ عَنْ أُمِّهَا
“Dan adapun
bacaan dan sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya tidak diperselisihkan di
antara ulama Ahlusunnah wal Jama’ah bahwa akan sampai pahala
amal-amal ibadah maliah (harta) seperti sedekah dan memerdekakan budak,
sebagaimana sampai juga pahala do’a dan istighfar, shalat jenazah dan mendo’akannya di
atas kuburan. Para ulama itu berselisih dalam masalah sampainya pahala amal-amal badaniah seperti puasa, shalat dan
bacaaan Al-Qur’an. Pendapat yang benar adalah semua pahala
amal-amal itu akan sampai. Telah tetap dalam Shahihain (Bukhari & Muslim) dari
Nabi saw, : Barang siapa mati dan ia ada tanggungan puasa
maka keluarganya berpuasa untuknya. Dalam hadis lain,
Bahwa Nabi memerintah seorang perempuan yang ditinggal mati ibunya sementara
ia mempunyai tanggungan puasa agar si anak itu berpuasa untuk ibunya”.
Sebenarnya masih banyak fatwa-fatwa syekh Ibnu Taymiyah yang memperbolehkan bahkan mendukung sampainya pahala kepada orang yang telah meninggal. Tetapi kenapa para pengikutnya
masih saja membenci dan memusuhi serta menganggap tahlilan dan
sejenisnya itu haram. Semoga Allah memberi petunjuk kepada mereka.
Demikian juga ulama-ulama penerus Syekh Ibnu Taymiyah
yaitu syekh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (ulama ini juga panutan
bagi orang-orang yang membenci
kegiatan tahlilan) mengatakan tentang sampainya hadiah pahala bacaan
Al-Qur’an dan diperbolehkannya membaca Al-Qur’an di atas
(sisi) kuburan, dan lebih jelasnya dalam kitabnya Al-Ruh halaman 186 - 187 ia
menjelaskan:
وَقَدْ ذُكِرَ عَنْ جَمَاعَةٍ
مِنَ السَّلَفِ أَنَّهُمْ أَوْصُوا أَنْ يُقْرَأَ عِنْدَ قُبُورِهِمْ وَقْتَ الدَّفْنِ قَالَ عَبْدُ الْحَقِّ يُرْوَى أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنِ
عُمَرَ أَمَرَ أَنْ يُقْرَأَ عِنْدَ قَبْرِهِ سُورَةَ الْبَقَرَةِ وَمِمَّنْ رَأَى ذلِكَ الْمَعْلَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
وَكَانَ الإِمَامُ أَحْمَدَ يُنْكِرُ ذلِكَ أَوَّلًا حَيْثُ لَمْ يَبْلُغْهُ فِيهِ أَثَرٌ ثُمَّ رَجَعَ عَنْ ذلِكَ وَقَالَ
الْخَلَالُ فِي الْجَامِعِ كِتَابُ الْقِرَاءَةِ عِنْدَ الْقُبُورِ
أَخْبَرَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدَّوْرِيُّ حَدَثَنَا يَحْيَى بْنُ مُعِينٍ
حَدَثَنَا مُبَشِّرِ الْحَلَبِيِّ حَدَثَنِي
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنِ الْعَلَاءِ بْنِ اللَّجْلاَجِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ أَبِي
إِذَا أَنَا مُتُّ فَضَعْنِي فِي
اللَّحْدِ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللهِ وَسُنَّ عَلَيَّ التُّرَابُ
سَنًا وَاقْرَأْ عِنْدَ رَأْسِي
بِفَاتِحَةِ الْبَقَرَةِ فَإِنِّي سَمِعْتُ عَبْدَ اللهَ بْنَ عُمَرَ يَقُولُ ذلِكِ
قَالَ عَبَّاسُ الدَّوْرِيُّ سَأَلْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ قُلْتُ تَحْفَظُ فِي
الْقِرَاءَةِ عَلَى الْقَبْرِ شَيْئًا فَقَالَ لَا وَسَأَلْتُ يَحْيَى بْنِ مُعِينٍ
فَحَدَثَني بِهذَا الْحَدِيثَ قَالَ الْخَلَالُ وَأَخْبَرَنِي الْحَسَنُ بْنُ أَحْمَدَ الْوَرَّاقُ حَدَثَنِي عَلِيُّ بْنُ مُوسَى
الْحَدَّادِ وَكَانَ صَدُوقًا قَالَ كُنْتُ مَعَ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ وَمُحَمَّدَ بْنَ قُدَامَةَ الْجَوْهَرِيَّ فِي جَنَازَةٍ
فَلَمَّا دُفِنَ الْمَيِّتُ جَلَسَ رَجُلٌ ضَرِيرٌ يَقْرَأُ عِنْدَ الْقَبْرِ فَقَالَ لَهُ أَحْمَدُ يَا هذَا إِنَّ الْقِرَاءَةَ
عِنْدَ الْقَبْرِ بِدْعَةٌ فَلَمَّا خَرَجْنَا مِنَ الْمَقَابِرِ
قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ قُدَامَةَ لِأَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ يَا أَبَا عَبْدِ اللهِ
مَا تَقُولُ فِي مُبَشِّرِ الْحَلَبِيِّ قَالَ ثِقَةٌ
قَالَ كَتَبْتَ عَنْهُ شَيْئًا قَالَ نَعَمْ قَالَ فَأَخْبَرَنِي مُبَشِّرٍ عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنَ بْنِ الْعَلَاءَ اللَّجْلاَجِ
عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ أَوْصَى إِذَا دُفِنَ أَنْ يُقْرَأَ عِنْدَ رَأْسِهِ بِفَاتِحَةِ
الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتِهَا وَقَالَ
سَمِعْتُ ابْنُ عُمَرَ يُوصِي بِذلِكَ فَقَالَ لَهُ أَحْمَدُ فَارْجِعْ وَقُلْ لِلرَّجُلِ
يَقْرَأْ وَقَالَ الْحَسَنُ بْنُ الصَّبَّاحِ الزَّعْفَرَانِيِّ سَأَلْتُ الشَّافِعِيِّ
عِنِ الْقِرَاءَةِ عِنْدَ الْقَبْرِ فَقَالَ لَا بَأْسَ بِهَا
وَذَكَرَ الْخَلَالُ عَنْ الشَّعْبِيِّ قَالَ كَانَتِ الْأَنْصَارُ إِذَا مَاتَ لَهُمُ الْمَيِّتُ اخْتَلَفُوا إِلَى قَبْرِهِ يَقْرَءُونَ عِنْدَهُ
الْقُرْآنَ قَالَ وَأَخْبَرَنِي أَبُو يَحْيَى النَّاقِدُ قَالَ
سَمِعْتُ الْحَسَنَ بْنَ الْجَرَوِيُّ يَقُولُ مَرَرْتُ عَلَى قَبْرِ أُخْتٍ لِي فَقَرَأْتُ
عِنْدَهَا تَبَارَكَ لِمَا يُذْكَرُ فِيهَا فَجَاءَنِي
رَجُلٌ فَقَالَ إِنِّي رَأَيْتُ أُخْتَكَ فِي الْمَنَامِ تَقُولُ جَزَى اللهُ أَبَا
عَلِيٍّ خَيْرًا فَقَدِ انْتَفَعْتُ
بِمَا قَرَأَ أَخْبَرَنِي الْحَسَنُ بْنُ الْهَيْثَمِ قَالَ سَمِعْتَ أَبَا بَكْرِ
بْنِ الْأَطْرُوشَ ابْنِ بِنْتِ أَبِي نَصْرِ بْنِ التَّمَارِ
يَقُولُ كَانَ رَجُلٌ يَجِيءُ إِلَى قَبْرِ أُمِّهِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ
فَيَقْرَأُ سُورَةَ يس فَجَاءَ فِي بَعْضِ أَيَّامِهِ فَقَرَأَ سُورَةَ يس ثُمَّ قَالَ
اللهم إِنْ كُنْتَ قَسَمْتَ لِهذِهِ السُّورَةَ
ثَوَابًا فَاجْعَلْهُ فِي أَهْلِ هذِهِ الْمَقَابِرِ فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ الْجُمْعَةِ الَّتِي تَلِيهَا جَاءَتِ امْرَأَةٌ فَقَالَتْ أَنْتَ
فُلَانُ بْنُ فُلَانَةٍ قَالَ نَعَمْ قَالَتْ إِنَّ بِنْتًا لِي مَاتَتْ فَرَأَيْتُهَا فِي النَّوْمِ جَالِسَةً عَلَى
شَفِيرٍ قَبْرِهَا فَقُلْتُ مَا أَجْلَسَكِ هَا هُنَا فَقَالَتْ إِنَ فُلَانَ بْنِ فُلَانَةٍ جَاءَ إِلَى قَبْرِ أُمِّهِ
فَقَرَأَ سُورَةَ يس وَجَعَلَ ثَوَابَهَا لِأَهْلِ الْمَقَابِرِ فَأَصَابَنَا مِنْ رَوْحِ ذلِكَ أَوْ غُفِرَ لَنَا أَوْ
نَحْوَ ذلِكَ
“Sungguh telah
disebutkan dari setengan para salaf, bahwa sesungguh nya mereka telah mewasiatkan
supaya dibacakan di sisi kubur mereka di waktu penguburannya. Telah berkata Abdul Haq,
diriwayatkan bahwa Abdullah bin Umar pernah menyuruh supaya dibacakan di sisi kuburnya surat Al-Baqarah. Dan pendapat
ini dikuatkan oleh Mu’alla bin Abdurrahman dan dia adalah Imam Ahmad pada mulanya ia
mengingkari pendapat ini karena belum sampai kepadanya dalil mengenainya,
kemudian ia merujuk (menarik) balik pengingkarannya itu (setelah jelas
kepadanya bahwa
pendapat itu betul). Berkata Khallal dalam kitabnya Al-Jami’ dalam bahasan
bacaan (Al-Qur’an) di sisi kubur, telah menceritakan kepada kami Al-Abbas bin
Muhammad Ad-Dauri, telah menceritakan kepada
kami Yahya bin Mu’in, telah menceritakan kepada kami Mubasysyir Al-Halabi, telah
menceritakan kepadaku Abdurrahman bin Al-‘Ala’ bin Al-Lajlaj dari ayahnya ia
berkata : Ayahku telah berpesan kepadaku,
yaitu : Apabila aku mati maka letakkanlah aku di liang lahad dan sebutkanlah: Dengan nama Allah dan atas
sunnah Rasulullah, kemudian ratakanlah kubur itu dengan tanah kemudian
bacakanlah di kepalaku dengan
pembukaan surat Al-Baqarah, karena aku telah mendengar Abdullah bin Umar berkata yang demikian. Berkata Abbas Ad-Dauri, aku bertanya kepada Ahmab bin Hanbal,
engkau ada menghafal sesuatu tentang
bacaan di atas kubur? Dia menjawab : Tidak
ada. Kemudian aku bertanya pula kepada Yahya bin Mu’in, maka ia
telah menceritakan kepadaku pembicaraan ini. Berkata Khallal, telah menceritakan
kepadaku Al-Hasan bin Ahmad Al-Warraq, telah menceritakan kepadaku Ali bin Musa
Al-Haddad dan dia adalah seorang yang
jujur, ia berkata : Pernah aku bersama Ahmad bin Hanbal dan Muhammad bin Qudamah Al-Jauhari mengiringi
jenazah, maka tatkala mayat
dimakamkan, seorang lelaki buta duduk di sisi kubur (sambil membaca sesuatu/Al-Qur’an). Melihat ini
berkatalah Imam Ahmad kepadanya : Hai
Fulan, membaca Al-Qur’an di sisi kubur adalah bid’ah. Maka tatkala kami keluar dari kubur barkatalah Muhammad bin Qudamah kepada Ahmad bin Hanbal : Wahai Abu
Abdillah (maksudnya Imam Ahmad), bagaimana pendapatmu tentang
Mubasysyir Al-Halabi? Imam Ahmad menjawab : Ia adalah orang yang tsiqah
(dapat dipercaya). (Muhammad bin Qudamah) bertanya lagi: Apakah
engkau meriwayatkan sesuatu
darinya? (Imam Ahmad) menjawab: Ya. (Muhammad binQudamah) berkata : Telah menceritakan kepadaku Mubasysyir dari Abdurrahman bin Al-‘Ala’ bin Al-Lajlaj dari ayahnya
bahwa sesungguhnya ia berwasiat
apabila telah dikuburkan agar dibacakan di sisi kepalanya permulaan surat
Al-Baqarah dan akhirnya, dan ia berkata : Aku telah mendengan Ibnu Umar berwasiat yang demikian itu.
(Mendengar riwayat tersebut) Imam Ahmad berkata kepadanya (Muhammad
bin Qadamah) : Kembalilah dan katakanlah kepada lelaki itu agar
bacaannya diteruskan.
Dan berkata pula
Al-Hasanbin Ash-Shabbah Az-Za’farani : Saya pernah menanyakan kepada Asy-Syafi’i
tentang dibacakannya sesuatu di sisi kubur, beliau menjawab, tidak mengapa. Khalal pun telah
menyebutkan lagi dari Asy-Sya’bi, katanya : Adalah kaum
Anshar, apabila seseorang di antara mereka meninggal, senantiasalah mereka
mendatangi kuburnya untuk membacakan Al-Qur’an di sisinya.
(Asy-Sya’bi) berkata : Telah menceritakan kepadaku Abu Yahya An-Naqid, katanya
aku telah mendengar Al-Hasan bin Al-Haruwi berkata : Saya telah mendatangi kubur
saudara perempuanku, lalu aku membacakan di situ surat Tabarak (Al-Mulk),
sebagaiman yang dianjurkan. Kemudian datang kepadaku seorang lelaki dan memberitahuku, katanya : Aku
melihat saudara perempuanmu dalam
mimpi, dia berkata : Semoga Allah memberi balasan kepada Abu Ali (yakni si pembaca tadi) dengan segala yang baik.
Sungguh aku mendapat manfaat yang banyak dari bacaannya itu. Telah menceritakan
kepadaku Al-Hasan bin Haitsam, katanya : Aku mendengar Abu Bakar bin Al-Athrusy
bin abi Nashar bin Tamar berkata : Ada seorang lelaki datang ke kubur ibunya
pada hari jum’at, kemudian ia membaca
surat Yasin disitu. Maka ia (Abu Bakar) pun datang kekubur ibunya dan membaca surah Yasin, kemudian ia
berdo’a : Ya Allah ! Ya
Tuhanku ! Kalau memang Engkau memberi pahala lagi bagi orang yang membaca
surat ini, maka jadikanlah pahala itu bagi sekalian ahli kubur ini. Apabila
tiba hari jum’at yang berikutnya, dia ditemui seorang wanita. Wanita itu
bertanya : Apakah kau fulan anak si fulanah itu ? Jawab Abu
Bakar : Ya ! Berkata wanita itu lagi : Putriku telah meninggal
dunia, lalu aku bermimpikan dia datang duduk diatas kuburnya, maka aku bertanya : Mengapa kau
duduk disini ? Jawabnya : Si
fulan anak fulanah itu telah datang ke kubur ibunya seraya membacakan Surat Yasin, dan dijadikan pahalanya untuk ahli kuburan sekaliannya.
Maka kami pun telah mendapat bahagian dari padanya, dan dosaku pun telah
diampunkan karenanya”.
Bahkan
pendiri ajaran Wahhabi pun yaitu
Muhammad bin Abdul Wahhab An-Najdi dalam
kitabnya Ahkam Tamanni Al-Maut halaman 75, ia mengatakan :
وَأَخْرَجَ سَعْدُ الزَّنْجَانِي عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا مَنْ دَخَلَ الْمَقَابِرَ ثُمَّ قَرَأَ فَاتِحَةَ
الْكِتَابِ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ وَأَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرِ ثُمَّ قَالَ
إِنِّي جَعَلْتُ ثَوَابَ مَا قَرَأْتُ مِنْ كَلَامِكَ لِأَهْلِ الْمَقَابِرِ مِنَ
الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ كَانُوا شُفَعَاءَ لَهُ إِلَى الله تعالى
وَأَخْرَجَ عَبْدُ الْعَزِيزِ صَاحِبُ الْخَلاَلِ بِسَنَدِهِ عَنْ أَنَسٍ
مَرْفُوعًا مَنْ دَخَلَ الْمَقَابِرَ فَقَرَأَ سُورَةَ يس خَفَّفَ اللهُ عَنْهُمْ
وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيهَا حَسَنَاتٌ
“Sa’ad Al-Zanjani meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah
ra, secara marfu’ : Barang siapa mendatangi kuburan lalu membaca surat Al-Fatihah, Qu huwallahu ahad dan Alhakumuttakatsur, kemudian mengatakan :
Ya Allah, aku hadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an ini bagi kaum beriman laki-laki dan perempuan di kuburan ini, maka mereka
akan menjadi penolongnya kepada Allah. Dan Abdul Aziz, murid Al-Khallal meriwayatkan hadits dengan
sanadnya dari Anas bin Malik ra,
secara marfu’ : Barang siapa mendatangi kuburan, lalu membaca surat
Yasin, maka Allah akan meringankan siksaan mereka, dan ia akan memperoleh pahala sebanyak orang-orang yang ada
di kuburan itu”.
Keterangan di atas semua
diambil dari kitab-kitab ulama Wahabi, yang golongan ini selalu dan senantiasa
mengingkari adanya hadiah pahala kepada orang yang telah meninggal, termasuk
mengharamkan ziarah kubur apalagi membaca ayat Al-Qur'an di atas kubur
Dalil-dalil di atas (mulai aspek
silaturrohmi sampai aspek menghormat tamu) yang kami sampaikan masih sangat
simpel (tidak semua dalil kami muat di sini karena keterbatasan tempat), oleh
karena itu masih memerlukan penjelasan lebih lanjut, sehingga akan diperoleh
informasi yang lebih mendalam
TIM KREATIF
MASJID AN NUR SUKO ASRI
SUKO – SUKODONO – SIDOARJO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar