Thursday, August 13, 2015

Daftar isi dan muqoddimah buku meluruskan pemahaman bid'ah



DAFTAR  ISI
1.   Daftar isi   …………………………………………………...    1
2.   Motto   ………………………...…………………………….     1
3.   Muqoddimah   ……………………...……………….………    2
4.   Arti bid’ah dalam bahasa Arab……………………….……    3
5.   Arti bid’ah menurut syara’….………………………………    4
6.   Sunnah Khulafaur Rasyidin….……….………………..…. .  15
7.   Hasil-hasil ijtihad……………………………………………   29
8.   Hadits dha’if (lemah) …...…………………………….……   30
9.   Pembagian bid’ah menjadi lima……………………….….   32
10. Bid’ah hasanah Ibn Taimiyah dalam berdzikir ……….….   35
11.  Ancaman bagi pembuat dan pelaku bid’ah dhalalah…...  38
12. Bacaan bila terkena musibah ………………………....…  39
12. Sumber bacaan   ………………………………………....   40
13. Tulisan yang telah diterbitkan oleh masjid An-Nur Taman                                                           Suko Asri………………………………….........……….….  40

Motto :
Allah swt. berfirman dalam Al-Qur’an

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوْا. ( الحشر : 7 )
 Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah (Q.S. 59 Al Hasyr 7)



MUQODDIMAH

بسـم الله الـرحـمن الـرحـيم

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّـلَامُ عَلىٰ أَشْـرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَّمَدِنِ  اْلقَائِلِ: مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنِ اتَّبَعَهُ الِىٰ يـَوْمِ الدِّيْنَ

        Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

            Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasul yang paling mulia yaitu junjungan kita Nabi Muhammad saw, yang bersabda : “Barang siapa yang dikehendaki Allah akan menjadi orang baik-baik, niscaya ia akan dijadikan-Nya paham dalam soal-soal keagamaan”.  Dan untuk sahabat-sahabat, keluarga dan pengikut-pengikut beliau dari dulu sampai sekarang dan sampai pada masa-masa yang akan datang.

            Sering kita dengar kata-kata bid’ah dari saudara-saudara kita, dan bahkan ada yang langsung mengatakan atau menuduh kepada seseorang yang sedang mengadakan kegiatan keagamaan, bahwa yang dilakukan itu adalah perbuatan bid’ah yang tidak ada dalilnya dalam Al-Qur’an ataupun Al-Hadits, dan juga tidak ada contohnya dari Rasulullah saw. yang apabila dilakukan tidak saja sia-sia tapi juga sesat yang akan membawa ke jurang neraka.

            Oleh karena itu tulisan yang singkat ini kami buat, untuk memberi penjelasan dan sekaligus meneguhkan hati kita bahwa kegiatan tersebut di atas ada dalil sebagai pijakan berbuat.

            Dalam tulisan yang singkat ini, kami tidak mengetengahkan semua dalil dan argumen yang berkenaan tuduhan  tersebut di atas, tapi hanya beberapa dalil saja. Meskipun hanya beberapa dalil penyusun rasa sudah cukup untuk memberi penjelasan dan tidak membuat tulisan ini semakin tebal dan semakin mengurangi minat baca kita.
Setiap tegur sapa yang berkenaan dengan perbaikan dan penyempurnaan tulisan ini, tentulah akan kami sambut dengan senang hati.

            Dan dalam kesempatan ini pula, kami sampaikan banyak terima kasih kepada para ulama’ yang buku-bukunya kami jadikan sumber bacaan, semoga mereka termasuk yang disebut dalam sebuah hadits “… au ‘ilmun yuntafa’u bihi” yaitu para ulama’ yang ilmunya dimanfa’atkan oleh orang lain yang pahalanya senantiasa mengalir.

            Mudah-mudahan Allah swt, melimpahkan rahmat, hidayah serta istiqamah kepada kita dalam menyebarluaskan ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat, dan penyusun berharap buku kecil ini dapat bermanfa’at bagi kita semua, amin ya rabbal ‘alamin.



                                                                        Sidoarjo,   Syawal 1431 H
                                                                                         September 2010 M




                                     TIM KREATIF
                                      MASJID AN NUR SUKO ASRI
                                     SUKO – SUKODONO – SIDOARJO

No comments:

Post a Comment