Wednesday, August 12, 2015

Daftar isi dan muqoddimah buku tahlilan yes / no ?



DAFTAR ISI

1.  Daftar Isi ………………………………………...…………......   1
2.  Motto …………………………………………………………...   1
3.  Muqaddimah ……………………………………………..…….   2
4.  Berkumpul untuk Tahlilan ..…………………………….……....   4
5.  Dalil-Dalil Orang-orang yang Membantah ………………..….. 12
6.  Orang-orang yang Membantah Dengan Pendapat Ulama
      Syafi’iyah ………………………………………......................... 16
7.  Pendapat Ibnu Taimiyah ……………………………...………. 25
8.  Keluarga Mayit Membuat Jamuan (Hidangan) ……...……... 34
9.  Kenduri Arwah 3 Hari Sampai 1000 Hari . ……...………….. 42
10. Harapan …………………………………………..…….………. 45
11. Wahhabisme ………………………………………..……….…. 46
12. Sumber Bacaan ………………………………………...……… 56
13. Tulisan yang Telah Diterbitkan Oleh Masjid An-Nur Taman
      Suko Asri …………………………………..………….……….... 56





Motto :
Allah swt. berfirman dalam Al-Qur’an:

فَاسْأَلُواْ أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ
“Maka bertanyalah kepada orang-orang yang berilmu jika kamu belum mengetahui.” (QS. al-Nahl: 43)




MUQODDIMAH
بِسْـمِ اللهِ الـرَّحْـمنِ الـرَّحِـيمِ
اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْـنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّـلَامُ عَلىٰ اَ شْـرَف اْلاَ نْـبِـيَاءِ وَالْمُـرْسَـلِيْـنَ سَـيـِّدِ نَا مُحَّمَدِنِ الْقَائِلِ مَنْ يُّرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَ عَلىٰ اٰلهِ وَاَ صْحَابِهِ وَمَنِ اتَّـبَعَهُ الِىٰ يـَوْمِ الـدِّيـْنِ
 Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan pada penghulu dan pemimpin para Nabi dan Rasul yaitu sayidina Muhammad saw, yang bersabda “Barang siapa yang dikehendaki Allah menjadi orang baik niscaya dipandaikan-Nya ia dalam agama”. Shalawat dan salam juga atas sahabat-sahabat, keluarga dan pengikut-pengikut beliau dari dulu sampai sekarang dan sampai pada hari kiamat.
Sehubungan semakin maraknya tuduhan dari orang-orang yang tidak menyukai bahkan membenci kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga Nahdliyyin, di antaranya adalah tahlilan, membaca Al-Qur’an di pekuburan, kenduri arwah dan lainnya, dan hal ini cukup meresahkan kaum Muslimin pada umumnya dan warga Nahdliyyin pada khususnya.
Oleh karena itu risalah yang kecil ini kami buat, untuk memberi penjelasan dan sekaligus meneguhkan hati kita, bahwa kegiatan-kegiatan yang telah kita amalkan tersebut di atas ada landasan dan dalilnya sebagai pijakan berbuat.
Dalam risalah ini kami cantumkan pula pendapat/fatwa dari para ulama dan imam mereka (orang-orang yang membenci kegiatan di atas), untuk menambah keyakinan kita bahwa kegiatan tersebut boleh dan perlu di lakukan. Dan ini semua bukan untuk menghujat dan menyalahkan mereka, tapi untuk mempertahankan dan membela diri semata.
Dan dalam kesempatan ini pula, kami sampaikan banyak terima kasih kepada para ulama’ yang buku-bukunya kami jadikan sumber bacaan, semoga mereka termasuk yang disebut dalam sebuah hadits “… au ‘ilmun yuntafa’u bihi” yaitu para ulama’ yang ilmunya dimanfa’atkan oleh orang lain yang pahalanya senantiasa mengalir.
Begitu pula kami sampaikan banyak terima kasih kepada jama’ah Yasin dan Tahlil perumahan Taman Suko Asri tahap 1 dan tahap 2 desa Suko kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo atas partisipasinya sehingga risalah ini dapat terbit. Juga kepada penerbit Khalista yang berkenan membantu terbitnya buku ini. Dan tentunya tulisan ini masih banyak kekurangan di sana-sini, oleh karena itu tegur dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.
Mudah-mudahan Allah swt, melimpahkan rahmat, hidayah serta nikmat-Nya kepada kita dan kepada orang-orang yang membenci kegiatan tersebut di atas, sehingga kita semua dapat istiqamah dalam menyebarluaskan ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat, dan penyusun berharap buku kecil ini dapat bermanfa’at bagi kita semua, amin ya rabbal ‘alamin.

                   Sidoarjo, Muharrom 1432 H
Desember  2010 M


Tim Kreatif Masjid An-Nur
Suko Asri, Suko, Sukodono, Sidoarjo

No comments:

Post a Comment