Monday, August 17, 2015

lubabul hadits bab ke - 9 : keutamaan shalat berjamaah



1.      Pahala shalat berjama`ah itu 25 kali daripada shalat tidak berjama`ah. Seperti maksud hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dan disebutkan dalam kitab Riyaddhus shalihin
2.      Keutamaan shalat berjamaah dari shalat sendirian adalah 25 derajat. Keutamaan melakasanakan shalat sunnah di rumah dari melaksanakan shalat sunnah di masjid adalah seperti keutamaan shalat berjamaah atas shalat sendirian. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Sakan dari Dhamrah dari ayahnya, Habib.
3.      Shalat berjamaah melebihi shalat sendirian sebanyak 27 derajat. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Malik, Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nisai dari Ibnu Umar ra.
4.      Shalat yang paling utama di sisi Allah SWT adalah shalat subuh hari jum`at berjamaah. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim dan Thabrani dari Ibnu Umar. 
5.      Barang siapa berjamaah shalat shubuh kemudian duduk seranya mengingat Allah SWT hingga matahari terbit maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka. Shalat seorang lelaki seranya berjamaah melebihi shalaynya sendirian sebanyak 25 derajat.  Apabila ia mengerjakannya di rumah ddi tanah tandus dan menyempurnakan wudhu, rukuk dan sujudnya maka shalatnya mencapai 50 derajat.  Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya`la dan Hakim serta Ibnu Hibban dari Abu Said Al Khudri ra.
6.      Dalam suatu riwayat dijelaskan barang siapa shalat berjamaah 40 hari maka Allah SWT menetapkannya bebas dari api neraka dan bebas dari sifat munafik.
7.      Dalam satu riwayat dijelaskan, arang siapa berjamaah shalat subuh dan asar maka dia akan masuk surga tanpa hisab.
8.      Dalam satu riwayat dijelaskan,  barang siapa menghadiri shalat berjamaah maka Allah SWT menetapkan 10 kebaikan baginya saat berangkat dan kembali, menghapus 10 keburukan dan meningkatkan 10 derajat.
9.      Tiada shalat bagi tetangga masjid terkecuali di dalam masjid. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Daruquthni dan Baihaqi dari Jabir dan Abi Hurairah.
10. Dalam satu riwayat dijelaskan, shalat jama`ah itu rahmat dan lebih baik daripada dunia seisinya. Berjama`ah itu rahmat dan perpecahan itu siksa.

No comments:

Post a Comment