Minggu, 16 Agustus 2015

lubabul hadits bab ke - 38 : keutamaan mengingat kubur dan ihwalnya



1.    Nabi Muhammad SAW bersabda : Kubur adalah taman dari taman-tamannya surga atau lubang dari lubangnya neraka.
2.   Nabi Muhammad SAW bersabda : Orang mukmin di dalam kuburnya itu berada dalam taman yang hijau, diluaskan kuburnya tujuhpuluh hasta dan bersinar bagaikan bulan purnama.
3.    Nabi Muhammad SAW bersabda : Seandainya anak adam tahu bagaimana siksa kubur, tentu tidak bermanfaatlah kehidupan dunia, maka mintalah perlindungan kepada Allah Yang Maha Mulia dari azabnya kubur yang sangat buruk.
4.   Nabi Muhammad SAW bersabda : Tidak seorangpun lewat di kuburan seorang laki-laki yang di kenalnya di dunia kemudian memberi salam terkecuali orang mati tersebut mengenalnya dan menjawab salamnya. (HR. Khatib dan Ibnu Asakir dari Abu Hurairah).
5.  Nabi Muhammad SAW bersabda : Tidaklah seorang muslim lewat kuburan muslim terkecuali ahli kubur berkata, "Hari pelupa seandainya kamu tahu apa yang kami tahu niscaya dagingmu hancur diatas jasadmu dan darahmu diatas badanmu.
6.    Nabi Muhammad SAW bersabda : Ketika seorang mukmin diletakkan dan didudukan di kuburnya dan berkata para keluarganya, kerabatnya, kekasihnya dan anak-anaknya "Aduhai tuanku, aduhai yang mulia, aduhai pimpinanku, maka malaikat berkata: "Dengarlah apa yang mereka katakan, kamu dulunya tuan,  yang mulia dan pemimpin". Orang mati berkata:"Andaikan mereka tidak ada". Maka dia dihimpit sekali himpitan yang membuat tulang-tulang iganya berhimpitan.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Allah berfirman: "Wahai Isa banyak wajah yang bersinar, badan yang sehat dan lisan yang faseh besok berada diantara tingkatan neraka menjerit.
8.   Nabi Muhammad SAW bersabda : Kubur itu tempat pertama dari tempat-tempat akherat dan tempat terakhir dari tempat-tempat dunia.
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Kubur itu tempat yang harus disinggahi
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : ika kalian sudah meninggal maka diperlihatkan tempat kalian di waktu pagi dan sore. Jika ahli surga maka termasuk ahli surga dan jika ahli neraka maka termasuk ahli neraka. Dikatakan kepanya: "Inilah tempatmu hingga Allah membangkitkanmu ke tempat itu di hari kiamat" (HR. Bukhari Muslim dan Tirmizi serta Ibnu Majah dari Ibnu Umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar