Sunday, August 16, 2015

lubabul hadits bab ke - 24 keutamaan fakir



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Kefakiran itu lebih indah daripada rambut bagus (tali kekang) di pipi kuda. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Tabrani dari Syaddad bin `Aus dan Baihaqi dari Sa`ad bin Mas`ud dengan isnad dlo`if.
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Fakir itu cacat menurut manusia dan baik menurut Allah pada hari kiamat. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Dailami dari Anas ra.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Mencintai orang fakir itu sebagian akhlak para nabi dan membenci orang fakir itu sebagian akhlak para Fir`aun.
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Setiap sesuatu itu ada kuncinya dan kuncinya surga dalah cinta fakir miskin karena kesabaran mereka. Meraka adalah orang-orang yang duduk menghadap Allah di hari kiamat. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar Bin Lal dari Umar ra.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Sesungguhnya Allah SWT mencintainya hamba-NYA yang beriman, memelihara diri dan banyak anak. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Imran bin Hushain)
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Kefakiran adalah amanat, barang siapa menyembunyikannya maka jadi ibadah dan barang siapa menampakkannya maka jadi beban bagi saudara-saudaranya yang muslim. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Umar.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Keberuntungan bagi orang-orang fakir dan lemah dari umatku
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Kefakiran adalah salah satu dari kemulyaan Allah SWT
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Keutamaan orang fakir atas orang kaya itu seperti keutamaanku atas semua mahkluk Allah SWT.
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : Tidak ada suatu pemberian dari Allah yang menyamai kefakiran.

No comments:

Post a Comment