Thursday, August 13, 2015

Adab bangun tidur



ADAB BANGUN DARI TIDUR

            Apabila kita hendak bangun tidur, maka kita usahakan bangun sebelum fajar terbit. Dan kita jadikan dzikir kepada Allah baik di hati maupun di lisan sebagai kegiatan yang pertama, sesudah itu kita baca do’a :

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِىْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَا تَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ. أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلهِ وَاَلعَظَمَةُ. وَالسُّلْطَانُ لِلهِ. وَالْعِزَّةُ وَاْلقُدْرَةُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَصْبَحْنَا  عَلىٰ فِطْرَةِ الإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ الإِخْلاَصِ وَعَلَى دِيَنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيِهَ وَسَلَّمَ. وَ عَلىٰ مِلَّةِ أَبَيْنَا إِبْرَاهِيمَ حَنِيفاً مُسْلِماً وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ. اَللهم اِنَّا نَسِأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِىْ هٰذَا اْليَوْمِ إِلٰى كُلِّ خـَيْرٍ. وَنَعُوْذُبِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْءًا. أَوْنَجُرَّهُ إِلٰى مُسْلِمٍ. اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. وَنَسْأَلُكَ خـَيْرَ هٰذَا اْليَوْمِ. وَخـَيْرَ مَا فِيْهِ. وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ هٰذَا اْليَوْمِ. وَشَرِّ مَا فِيْهِ.
 “Segala puji milik Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mema tikan kami, dan kepada-Nya kami akan kembali”. “Kami telah memasuki waktu pagi dan sejak dulu kerajaan, keagungan dan kekuasaan itu sepenuhnya milik Allah”. “Kami telah memasuki waktu pagi dengan tetap pada fitrah Islam, pada kata keikhlasan dan mengikuti agama Nabi kami,  Muhammad saw,  dan di atas agama   bapak kami, Ibrahim yang hanif, dan ia bukan termasuk golongan orang-orang yang musyrik”. “Ya Allah kami mohon kepada-Mu, agar Engkau membangunkan kami pada hari ini dalam keadaan dapat melakukan segala kebaikan  dan kami mohon perlindungan kepada-Mu supaya kami tidak menjalankan kejahatan, atau berbuat jahat kepada orang-orang Islam”. “Ya Allah, kami memasuki waktu pagi dan sore karena Kamu. Kami hidup dan mati juga karena Kamu, dan kepada-Mulah kami akan dikemba- likan”. Kami memohon kepada-Mu kebaikan hari ini dan  kebaikan segala sesuatu yang ada pada hari ini. Kami minta perlindungan kepada-Mu dari kejelekan hari ini dan dari kejelekan segala sesuatu yang ada pada hari ini”.

No comments:

Post a Comment