Jumat, 24 Juli 2015

Doa pilihan setelah shalat fardhu





اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ                         
“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dengan pujian yang sesuai (sebanding) dengan nikmatnya dan menjamin ditambah nikmatnya. Ya Tuhan kami,  bagi-Mu  segala  puji  dan  segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu dan kemulyaan serta keagungan  kekuasaan-Mu”.
اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلاَ فَاتِ. وَتَقْضِي لَنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ. وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَ اْلغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاِت فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ                                      
“Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad yang dengan rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka, yang dengan rahmat itu pula Engkau memenuhi dari semua hajat kami, yang dengannya Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan nya Engkau mengangkat kami dengan setinggi-tinggi derajat, dan dengan nya pula Engkau mengantar kami ke tempat yang paling ujung dari semua kebaikan (hidup) di dunia dan (hidup) setelah mati. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat ta’dhim dan keselamatan kepada makhluk terbaik-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad, kepada keluarga dan sahabatnya”.
اِنَّكَ يَا اَللهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَقَاضِيَ الْحَاجَاتِ وَغَافِرُالذُّنُوْبِ وَالْخَطِيْئَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ                                    
“Sesungguhnya Engkau ya Allah yang  mendengar, yang dekat, yang memperkenankan do’a, yang mencukupi kebutuhan, yang mengampuni dosa dan kesalahan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang”.
اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ. وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِياَدَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهم هَوْنٍ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةً مِنَ النّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.                                                
“Ya Allah, sesungguhnya kami mohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, kesehatan dalam tubuh, bertambah ilmu dan barokah dalam rizki, dapat bertaubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah mudahkanlah kami ketika sakaratul maut, lepaskanlah dari api neraka dan kemaafan ketika di hisab”.

  
اَللهم اَرِناَ الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهْ وَاَرِناَ الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْناَ اجْتِنَابَهْ                                                                            
“Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang baik (benar) itu baik (benar) dan berilah kemampuan kepada kami untuk mengiku-tinya, dan tunjuk-kanlah kepada kami yang jelak (salah) itu jelek (salah) dan berilah kemampuan kepada kami untuk menjau-hinya”.
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبْ ثَبِّتْ قُلُوْبَنَا عَلىٰ دِيْنِكَ وَطَاعَتِكَ                                         
“Wahai Dzat yang membolak balikkan hati, teguhkanlah hati kami di atas agama dan ketaatan kepada-Mu”.
اَللهم اِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعْ وَقَلْبٍ لاَ يَخْشَعْ وَعَمَلٍ لاَ يُرْفَعْ وَدُعَاءٍ لاَ يُسْمَعْ                                                                                                                                            
“Ya Allah sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak berman-fa’at, hati yang tidak khusyu’,  amal (perbuatan baik) yang tidak diangkat (diterima) dan do’a yang tidak didengar (dikabulkan)”.
اللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَذُنُوْبَ اَبَا ئَنَا وَذُنُوْبَ اُمّهَاتَنَا وَذُنُوْبَ اَزْوَاجَنَا وَذُنُوْبَ اَوْلاَ دَنَا وَذُنُوْبَ مَشَايِخَنَا
“Ya Allahh ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa ayah kami, dosa-dosa ibu kami, dosa-dosa suami kami, dosa-dosa anak kami, dosa-dosa guru kami”.
اللهم رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَأْسِ اِشْفِ اَنْتَ الشَّافِى لاَشَافِيَ اِلاَّ اَنْتَ شِفَاءٌ لاَيُغَا دِرُسَقَمَا                                                                       
“ Ya Allah, Tuhan manusia Dzat yang menyembuhkan penyakit, sembuhkanlah, Engkaulah yang dapat menyembuhkan, tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau, dengan penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit”. 
 اللهم اِنَّا نَسْأَلُكَ رِزْقًا حَلاَ لاً طَيِّبًا وَعِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً          
                   
“Ya Allah, kami mohon kepada-Mu rizki yang halal lagi baik, ilmu yang bermanfa’at dan amalan (kebaikan) yang diterima”.
اَللهم اجْعَلْنَا وَاَوْلاَدَناَ وَاَزْوَاجَنَا وَتَلاَمِيْذَناَ وَجَمَاعَتَنَا مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَاَهْلِ التُّقَى وَاَهْلِ الْعِبَادَةِ وَاَهْلِ اْلاِسْتِقَامَةِ وَاَهْلِ السَّعَادَةِ  وَاَهْلِ اْلقُرْآنِ وَاَهْلِ الصِّيَامِ وَاَهْلِ الصَّدَقَةِ وَاَهْلِ الصَّلاَةَ بِالْجَمَاعَةِ وَاَهْلِ الدَّعْوَةِ وَاَهْلِ الْجَنَّةِ                                                          
    “Ya Allah jadikanlah anak kami, suami kami, murid kami, kelompok (kumpulan) kami dari ahli ilmu, ahli kebaikan, ahli taqwa, ahli ibadah,  ahli istiqomah, ahli dalam kebahagiaan, ahli Qur’an, ahli puasa, ahli shadaqah, ahli shalat dengan berjamaah, ahli da’wah dan ahli surga”. 
                       
اَللهم لاَ تَدَعْ لَنَا فِى مُقَامَتِنَا هٰذَا ذَنْبًا اِلاَّ غَفَرْتَهُ. وَلاَعَيْبًا اِلاَّ سَتَرْتَهُ. وَلاَ هَمًّا اِلاَّ فَرَّجْتَهُ. وَلاَ مَرِيْضًا اِلاَّ شَفَيْتَهُ. وَلاَ دَيْنًا ياَ اللهُ ياَقَاضِيَ الْحَاجَاتِ. وَيَاكاَفِيَ الْمُهِمَّاتِ. وَيَامُحِلَّ الْمُشْكِلاَتِ. اِلاَّ اَدَّيْتَهُ. وَلاَ غَائِبًا اِلاَّ رَدَدْتَهُ. وَلاَسَائِلاً اِلاَّ اَجَبْتَهُ. وَلاَ طِفْلاً يَا اَللهُ يَارَبِّ اَوْوَلَدًا اِلاَّ رَبَّيْتَهُ وَاَصْلَحْتَهُ. وَلاَ حَاجَةً مِنْ حَوَائِجِ الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ اِلاَّ قَضَيْتَهَا يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.                                                                                                    
“Ya Allah, janganlah Engkau tinggalkan kami dalam keberadaan kami yang penuh dosa kecuali Engkau mengampuninya, tiada cacat kecuali Engkau menutupinya, tiada kesediahan kecuali Engkau melapang-kannya, tiada sakit kecuali Engkau yang menyembuhkannya, tiada hutang Ya Allah Dzat yang mencukupi kebutuhan, wahai Dzat yang menyingkirkan kesedihan, wahai Dzat yang membuka kesulitan kecuali Engkau membayarkan (menunaikan/ mengabulkan). Tiada yang tersembunyi kecuali  Engkau  yang  menampakkan,  tiada permintaan kecuali Engkau yang menjawabnya, tiada anak Ya Allah, Ya Tuhan (kami) kecuali Engkau yang mendidik dan memperbaikinya, tiada hajat (keinginan/ kebutuhan) dari beberapa hajat baik dunia maupun akhirat kecuali Engkau yang mengabulkan wahai Tuhan semesta alam”.
اَللهم اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ اَللهم اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ اَللهم اخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ
“Ya Allah akhirilah kami dalam keadaan islam, akhirilah kami dengan membawa iman, akhirilah kami dengan akhir yang baik”.
اَللهم اَعِنَّا عَلىٰ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ                                          
 “Ya Allah tolonglah kami buat ingat dan bersyukur kapada-Mu serta beribadah yang sebaik-baiknya kepada-Mu”.
اَللهم اجْعَلْ خَيْرُ اُمُوْرَنَا اَخِرَةُ وَخَيْرُ عَمَا لَنَا خَوَا تِيْمَ وَخَيْرُ يَوْمَنَا يَوْمَ نَلْقَاءُ                                        
“ Ya Allah jadikanlah baik dalam urusan akhirat kami, baik dalam akhir amal kami, baik hari kami yaitu hari pertemuan (dengan-Mu)”.
اَللهم اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ                                  
“Ya Allah sesungghnya  kami berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kafakiran serta adzab kubur”.
اَللهم اِنَّا نَعُوْذُ ِبكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ
 “Ya Allah sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari ketakutan (sifat pengecut) dan kebakhilan (kikir), kami berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan kami berlindung kepada-Mu dari terlibat (terlilit) hutang serta kesewenang-wenangan orang”.
اَللهم ياَغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ اَغْنِنَا بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ                     
“ Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kaya Yang Maha Terpuji, yang menciptakan kembali makhluk-Nya, Yang Maha Pengasih dan yang sangat mencintai, perkayakanlah kami dengan rizkimu yang halal bukan yang haram, berikanlah kemampuan taat kepada-Mu bukan maksiat kepada-Mu, dan anugrah kanlah kemulyaan-Mu bukan kemulyaan selain-Mu”.
 اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَا لِدَيْنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّأَ تِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ اْلأَبْرَارِ            
“Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa kedua orang tua kami dan tutupilah segala kesalahan kami semoga jika kami mati nanti bersama-sama dengan orang-orang yang baik-baik”.

اَللهم اِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدٰى وَالتُّقٰى وَالْعَفَافَ وَالْغِنٰى                                            
“ Ya Allah kami mohon kepada-Mu berupa petunjuk, taqwa (taat kepada Allah) terhindar dari yang haram dan mandapatkan kekayaan”.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ                       
“ Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi”.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتّقِيْنَ اِمَامًا               

“ Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadi-kanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa”.
اَللهم اِنَّا نَسْأَلُكَ اِيْمَاًنا دَائِمًا. وَقَلْبًا خَاشِعًا. وَعِلْمًا نَافِعًا. وَيَقِيْنًا صَادِقًا. وَعَمَلاً صَالِحًا                              
“Ya Allah sesungguhnya kami mohon kepada-Mu iman yang langgeng, hati yang khusyu’, ilmu yang bermanfa’at, keyakinan yang benar dan amal (perbuatan) yang baik”.

اَللهم رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّاصَلاَ تَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتَهْلِيْلَنَا وَتَصْبِيْحَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَااَللهُ ياَ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ                                      
“Ya Allah, Tuhan kami terimalah sholat kami, puasa kami, berdiri kami, ruku’ kami sujud kami, tahlil kami, tasbih kami, kerendahan kami, khusyu’ kami, pengabdian kami dan sempur-nakanlah kekurangan kami, Ya Allah wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang”.
 اَللهم اغْفِرْلَنَا وَلِوَا لِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا                           

Alloohummagh firlanaa waliwaalidainaa war hamhumaa kamaa robbayaanaa shighooroo.
“Ya Allah ampunilah kami dan kedua orang tua kami, kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka berdua telah mendidik kami waktu kecil”.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذَ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةَ إِنَّكَ أَنَّتَ اْلوَهَّابْ                               
Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rohmah innaka antal wahhaab.

“Ya Tuhan kami, janganlah engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu karena sesung-guhnya Engkau Maha Pemberi (karunia)”. 

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّاِر                     

“Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta jauhkanlah kami dari siksa neraka”.
وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ اْلاَبْرَارِ. يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ          
“Dan masukkanlah kami ke dalam surga beserta orang-orang yang baik-baik. Wahai Dzat Yang Maha Perkasa dan Maha Pengampun, wahai Tuhan semesta alam”.

وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“ Semoga rahmat ta’dhim Allah selalu dilimpah-kan kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarganya serta para sahabatnya dan semoga Allah memberi keselamatan”.  

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ .. اَلْفَاتِحَهْ ....                        

“Maha Suci Tuhanmu yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan, Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul, dan segala puji bagi allah Tuhan semesta alam”.

8 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    Izin Copas dan mengamalkannya ya, yi...
    Terimakasih...
    Assalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. Mohon izin copy paste .. mau saya gunakan buat doa doa saya 🙏🏻

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah terima kasih banyak nggih yi... doa doanya... lengkap seperti yang ada dalam hati saya... Aamiin Allaahumma Aamiin

    BalasHapus
  4. Mhon ijin untuk mn copi dn mgmalkanya...sukron barokallahum pi khoer

    BalasHapus
  5. Mohon ijin untuk saya amalkan, setelah sholat fardhu berjemaah

    BalasHapus
  6. Mohon Di Koreksi

    اَللهم اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَكْرِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

    “Ya Allah sesungghnya kami berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kafakiran serta adzab kubur”.

    وَالْفَكْرِ yang saya Pahami Bil Qof bukan Bil Kaf

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. mohon ijin copas untuk diamalkan insya Alloh

    BalasHapus