Friday, December 4, 2015

Mengusap wajah setelah salam

Di bawah nanti pada judul ( MENGANGKAT TANGAN KETIKA BERDOA DAN MENGUSAPKAN KE WAJAH KETIKA  SELESAI BERDOA) telah diterang kan bahwa setelah berdoa Rasulullah selalu mengusapkan kedua tanggan ke wajah beliau. Begitu juga orang yang telah selesai melaksanajkan shalat, ia juga disunahkan mengusap wajahnya dengan kedua tangannya. Sebab shalat secara bahasa berarti berdoa,karena di dalamnya terkandung doa (permohonan) kepada Allah, jadi dengan kata lain orang yang mengerjakan shalat juga sedang berdoa. Maka wajarlah jika setelah shalat ia juga disunahkan mengusap wajah.

            Dalam kitab Al-Adzkar, Imam Nawawi menjelaskan bahwa :




وَرَوَيْنَا فِي كِتَابِ ابْنِ السُّنِّي عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  إِذَا قَضٰى  صَلَاتَهُ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدِهِ اْليُمْنٰى. ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ اَللهم اذْهِبْ عَنِّيْ الْهَمَّ وَالْحَزَنَ.        
   

Kami meriwayatkan (Hadits) dalam kitabnya Ibnu Al-Sunni, dari Anas ra bahwa Rasulullah saw apabila selesai melaksanakan shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya.Lalu berdoa : Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah dariku kebingungan dan kesusahan. (Kitab Al-Adzkar, hal. 69)

No comments:

Post a Comment