Monday, August 17, 2015

lubabul hadits bab ke - 5 keutamaan iman



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu mengetahui dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan menjalankan dengan anggota badan”. (HR: Ibnu Majah dan Thabarani dari Ali dan termasuk hadits dhaif)
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu telanjang dan pakaiannya adalh takwa, perhiasannya adalah rasa malu dan buahnya adalah ilmu”.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada iman bagi orang yangtidak memiliki amanat sama sekali”. (HR: Ahmad dan Ibnu Hibban dari Anas ra).
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Salah satu dari kalian tidaklah beriman sehingga mencintai untuk saudara kalian apa yang kalian cintai untuk diri kalian sendiri”. (HR: Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari Anas ra.)
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “ Iman itu dalam dada orang mu`min. Iman takkan sempurna terkecuali dengan sempurnanya fardlu-fardlu dan sunat-sunat. Iman takkan rusak terkecuali dengan mengingkari fardlu-fardlu dan sunat-sunat. Barang siapa mengurangi satu fardlu tanpa inkar maka dia disiksa karena hal tersebut. Barang siapa menyempurnakan fardlu-fardlu maka wajib banginya surga”.
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu tidak bertambah dan tidak berkurang, akan tetapi iman ada batasnya, maksudnya diketahui dengan menyebutkan cabang – cabangnya iman. Jika iman berkurang, maka ia pada batasnya. Pokoknya iman adalah bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-NYA, Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-NYA, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa ramadhan, naik haji, dan mandi janabah. Barang siapa tambah dalam batasannya, maka bertambahlah kebaikan-kebaikannya. Barang siapa berkurang imannya maka hanya berkurang batasanya”.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu ada dua bagian, satu bagian dalam sabar dan satu bagian dalam sykur”. (HR: Baihaqi dari Anas ra.)
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu tali pembunuhan, seorang mukmin tidaklah boleh melakukan pembunuhan”. (HR: Bukhari, Abu Dawud, Hakim dari Abu Hurairah ra. Dan dan Ahmad dari Zubair dan Muawiyah ra.)
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah menciptakan iman dan menghiasinya dan memujinya dengan murah hati dan rasa malu dan Allah menciptakan kufur dan mencelanya denga bakhil dan durhaka”.
10.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Ketika penghuni surga telah masuk ke surga dan penghuni neraka telah masuk keneraka, Allah SWT memerintahkan agar mengeluarkan orang – orang yang dalam hatinya ada iman walaupun hanya sebesar atom”.  

No comments:

Post a Comment