Minggu, 16 Agustus 2015

lubabul hadits bab ke - 36 : keutamaan menjenguk orang sakit



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Jenguklah orang sakit dan iringkanlah jenazah karena bisa mengingatkan akherat. (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Baihaqi dari Abu Said Al-Khudri)
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Penjenguk orang sakit itu berjalan di kebun surga hingga dia kembali. (HR. Muslim dari Tsauban ra.)
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Menjenguk orang sakit pada hari pertama adalah wajib dan pada hari berikutnya sunnah.
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Tidak wajib menjenguk orang sakit terkecuali setelah tiga hari.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Barang siapa menjenguk orang sakit yang sholeh maka keluar bersamanya tujuhpuluh malaikat yang beristigfar untuknya, mereka keluar dari rumah si sakit dan masuk ke rumah si penjenguk.
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Orang yang menjenguk orang sakit selalu berada di jalan surga. (HR. Muslim dari Tsauban ra.)
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Penjenguk orang sakit berada dalam rahmat Allah dan ketika dia duduk disampingnya maka dia menyelam dalam rahmat tersebut.
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Tidak adanya penjengukan lebih berat daripada penyakitnya itu sendiri.
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Menjenguk orang sakit itu waktunya seperti antara dua pemerahan onta. (HR. Baihaqi dari Anas bin Malik)
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : Sebagian dari kesempurnaan menjenguk orang sakit adalah meletakkan tangan diatas wajah atau tangan si sakit dan menanyakan bagaimana kondisinya. Kesempurnaan penghormatan diantara kalian adalah berjabat tangan. (HR. Ahmad dan Thabrani dari Abu Umamah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar