Minggu, 16 Agustus 2015

lubabul hadits bab ke - 31 : keutamaan mendidik anak



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Orang tua itu tidak memberi kepada anaknya sesuatu yang labih baik daripada adab (pendidikan) yang baik". (HR. Tirmidzi dan Hakim dari Amru bin Said Ibn Al-Ash)
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Mendidik anaknya lebih baik daripada sedekah satu sha`". (HR. Tirmidzi dari Jabir bin  Samurah)
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Mulyakanlah anak-anak kalian dan baikkanlah adab mereka". (HR/ Ibnu Majah dari Anas)
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Barangsiapa yang ingi menghinakan orang yang dengki kepadanya maka didiklah anaknya
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Memandang wajah anaknya dengan perasaan syukur bagaikan memandang wajah nabinya.
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Muliakanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya memuliakan anak itu tabir dari neraka.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Anak-anak itu pelindung dari api neraka, makan bersama mereka membebaskan dari api neraka, memuliakan mereka memudahkan lewat shirath.
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Muliakanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya barang siapa yang memuliakan anak maka Allah SWT akan memuliakannya di dalam surga. 
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : Sesungguhnya di surga itu ada satu rumah bernama Daarul Farah (rumah kegembiraan) yang tidak akan memasukinya terkecuali orang yang membahagiakan anak kecil. (HR. Abu Ya`la dari Aisyah)
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : Sesungguhnya di surga itu ada satu rumah bernama Daarul Farah (rumah kegembiraan) yang tidak akan memasukinya terkecuali orang yang membahagiakan anak-anak yatim kaum mukminin. (HR. Hamzah bin Yusuf dan Ibnu Najar dari Uqbah bin Amir Al Juhani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar